Pilkades serentak di Biromaru berlangsung tertib

id SIGI,PILKADES,SIGI BIROMARU,PILKADES SERENTAK

Pilkades serentak di Biromaru berlangsung tertib

Suasana berlangsunya pemilihan kepala desa, di salah satu TPS yang ada di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Senin (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Jadi dalam deklarasi itu ada sejumlah poin yang disepakati oleh calon kepala desa, diantaranya menyangkut keamanan, juga politik uang, dan akan dikenakan sanksi berat bila terkait dalam hal tersebut
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pesta rakyat pemilihan kepala desa serentak di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berlangsung aman dan tertib di wilayah tersebut, Senin.

Camat Sigi Biromaru Ruslan mengatakan, terdapat lima desa yang melaksanakan pilkades di kecamatan yang dipimpinnya yakni Desa Mpanau, Pombewe, Jono Oge, Bora dan Desa Maranatha.

“Dari lima desa yang akan melaksanakan pilkades di wilayah kami, semuanya berlangsung tertib,” kata Ruslan.

Ruslan meninjau langsung pelaksanaan Pilkades di lima desa itu bersama aparat keamanan, sejak TPS dibuka pukul 07.00 Wita sampai waktu yang ditetapkan. 

Berdasarkan hasil pantauannya pelaksanaan pilkades di Kecamatan Sigi Biromaru berjalan aman dan lancar.

Dia menerangkan, terkait dengan pengamanan pihak kepolisian dan TNI serta Satpol PP ditempatkan di masing-masing desa yang dibantu oleh masyarakat. 

Bahkan, calon kades memiliki tanggung jawab yang sama, untuk mengamankan desanya selama pilkades berlangsung.

Hal ini tegas dia, sesuai deklarasi damai pilkades, yang digaungkan bersama seluruh calon kepala desa pada pekan kemarin, yang disaksikan pemerintah kecamatan, aparat keamanan TNI dan Kepolisian serta dinas terkait.

“Jadi dalam deklarasi itu ada sejumlah poin yang disepakati oleh calon kepala desa, diantaranya menyangkut keamanan, juga politik uang, dan akan dikenakan sanksi berat bila terkait dalam hal tersebut,” sebut Ruslan.

Terdapat sekitar 47 desa di 14 kecamatan se - Kabupaten Sigi, menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak, diikuti sekitar 60 ribu pemilih di kabupaten tersebut, Senin.

14 kecamatan yang desanya menggelar pemilihan kepala desa tahun 2019 ialah antara lain, Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo, Marawola, Kulawi dan Kecamatan Palolo. 

Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak itu, belum diikuti keseluruhan desa di Sigi yang berjumlah 176 desa.

Berdasarkan pantauan, suasana berlangsunya pemilihan kepala desa sama persis dengan pelaksanaan pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah. Olehnya, pemilihan kepala desa, terasa seperti pemilihan kepala daerah.

Kabupaten Sigi, menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah, yang pada tahun 2020 akan datang menggelar pesta rakyat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta memantau langsung pelaksanaan pilkades di sejumlah desa, dan sejumlah TPS yang telah terbangun di masing- masing desa, antusias warga untuk memilih cukup tinggi.

Sementara warga yang tidak terdaftar dalam data pemilih, maka yang bersangkutan dapat memberikan hak suaranya, dengan membawa dan memperlihatkan kartu keluarga (KK), atau kartu/keterangan domisili yang diperlihatkan  pada panitia pilkades di masing-masing TPS.