PLN upayakan wilayah Lindu terlistriki akhir 2019

id pln, listrik, lindu

PLN upayakan wilayah Lindu terlistriki akhir 2019

Distribusi Kotak Suara ke daerah terpencil di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dengan kondisi jalan yang cukup sulit (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)

Sigi (ANTARA) - PT PLN area Palu, Sulawesi Tengah, mentargerkan sebelum akhir 2019, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, sudah terjangkau aliran listrik yang dipasok BUMN itu.

"Kita masih terkendala perizinan untuk pinjam-pakai lahan karena harus melewati kawasan hutan lindung," kata Manager PT PLN Area Palu Abass Saleh kepada ANTARA Palu,Jumat.

Ia mengatakan bahwa khusus tiang listrik sudah selesai dibangun alias sudah berdiri dan tinggal pemasangan jaringan saja.

Hanya saja, kata dia, PLN belum menarik jaringan kabel karena belum mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Akan tetapi kami sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Palu dan Balai Taman Nasional Lore Lindu untuk segera mendapatkan izin dimaksud," kata dia.

Menurut Abas, jika izin sudah ada, pihaknya langsung menarik jaringan dari Desa Sadaunta, Kecamatan Kulawi sebagai pintu masuk menuju Kecamatan Lindu.

Jaringan kabel listrik dari Desa Sadaunta menuju Kecamatan Lindu harus melewati kawasan konservasi Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) sehingga perlu mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dia juga mengatakan ada beberapa tiang listrik roboh saat terjadi gempa bumi 7,4 SR yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sulteng pada 28 September 2018.

Sementara itu Camat Lindu, Karya berharap pemerintah memperhatikan kondisi masyarakat Lindui yang sampai saat ini belum juga menikmati jaringan listrik PLN dan jalan raya yang bisa dilintasi kendaraan roda empat karena pemeritnah tidak mengizinkan pembangunan infrastruktur dasar itu dilaksanakan di dalam TNLL.

Kemacamatan Lindu terdiiri atas lima desa yakni Puro'o, Langko, Tomado, Anca dan Olu dengan jumlah penduduk sekitar 7.000 jiwa. Di pinggiran desa di Kecamatan Lindu terdapat Danau Lindu yang dijuluki sebagai "Danau Toba" Sulawesi.

Danau Lindu menjadi salah satu obyek wisata unggulan Pemerintah Kabupaten Sigi yang diharapkan semakin banyak menarik wisatawan mancanegara. Selain danau yang indah dan menarik, juga terdapat berbagai satwa endemik seperti anoa, babi rusa, kera hitam,burung alo, burung elang, tangkasi, tarsius dan rusa.

Baca juga: Jalan darat ke Kecamatan Lindu akan diperlebar
Baca juga: Pelabuhan di Danau Lindu miring karena gempa
Baca juga: Meterial listrik mulai diangkut ke Lindu

Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar