500 atlet bertanding di kejuaraan terbuka Karate

id NasDem,Forki Sulteng,Karate

500 atlet bertanding di kejuaraan terbuka Karate

Para Atelt Karate yang akan bertanding di Kejuaran Terbuka Karate Susupo 2019, mulai melakukan timbang berat badan, di Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji/Erik Tamalagi)

Palu (ANTARA) - Terdapat sekitar 500 karateka dari dalam dan luar Sulawesi Tengah, akan bertanding pada kejuaraan terbuka karate Susupo pada 26 - 28 Juli 2019, di Palu.

Ketua Umum Pengda Forki Sulawesi Tengah Ahmad M Ali yang dihubungi di Palu, Jumat, kejuaraan tersebut akan memperebutkan dua piala begilir, pertama piala bergilir Pengda FORKI Sulawesi Tengah dan perguruan karate serta piala begilir  untuk atlet-atlet atau karate dari luar Provinsi Sulawesi Tengah.

Sekretaris Umum Pengda Forki Sulteng Yesiah Eri Tamalagi menyebutkan terdapat beberapa pengurus Pengda Forki dan perguruan karate di luar Sulawesi Tengah telah bersedia untuk ikut dalam kejuaraan tersebut.

"Karateka di luar Sulawesi Tengah yang telah memastikan diri ikut di antaranya dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat," ucap Erik, sapaan akrab Yesiah Eri Tamalagi.

Ahmad M Ali menambahkan kejuaraan tersebut tidak lepas dari kalender pembinaan prestasi oleh Pengda Forki Sulawesi Tengah.

"Tahun ini komunitas karate Susupo yang menjadi tuan rumah penyelenggara. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang pemanasan bagi karateka Sulteng yang akan menghadapi sejumlah kalender tetap PB Forki seperti Piala Panglima dan POMNAS, pada September dan pra-Pon pada November," kata anggota DPR RI itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Terbuka Karate Susupo 2019 Arman Efendi menguraikan sesuai arahan Pengda Forki Sulteng, kejuaraan ini mempertandingkan 54 kelas kata dan kumite perorangan dari usia dini sampai senior.

Juara umum akan mendapatkan piala bergilir serta uang pembinaan.