WVI tingkatkan kesejahteraan masyarakat kecil di Donggala

id wvi, padi, donggala

WVI tingkatkan kesejahteraan masyarakat kecil di Donggala

Seorang petani sedang menanam padi organik menggunakan alat modern di Kabupaten Donggala (Antara/Anas Masa)

Donggala (ANTARA) - Wahana Visi Indonesia (WVI) dalam kehadirannya di Sulawesi Tengah selama beberapa tahun terakhir ini telah banyak memberikan kontribusi besar bagi pemerintah  dan masyarakat di sejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Donggala, yang menjadi sasaran berbagai kegiatan guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kecil.

Ridwan, seorang petugas pendaping lapangan dari WVI mengatakan di Palu, Senin,  tahun 2019 ini ada beberapa kegiatan yang telah dan akan dilakukan di Kabupaten Donggala, salah satunya adalah membantu pemerintah daerah  mempercepat program pengentasan kemiskinan di daerah itu.

Salah satu kegiatan usaha yang sedang dalam tahap pengembangan adalah membuat demplot tanaman padi organik di Desa Watatu,Kecamatan Banawa Selatan.

"Saat ini sudah lakukan penanaman perdana padi organik bekerja sama dengan pemerintah desa, aparat Babinsa dan Babinkamtibmnas serta sejumlah petani di wilayah itu," kata dia.

Ridwan menjelaskan untuk penyediaan benih organik dan pupuk serta obat-obatan, semuanya organik, WVI menjalin kerja sama dengan PT Sigenta yang juga mitra dalam kegiatan pembudidayaan tanaman jagung.

Ia menambahkan bahwa untuk benih dan sarana produksi petani (saporodi) yang dibutuhkan, semuanya adalah hasil produksi lokal yang dikembangkan oleh para tenaga teknis dari WVI, perusahaan dan pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait.

Menyinggung soal hasil produksi, Ridwan yakin tidak ada kesulitan berarti karena pasar untuk beras organik sangat besar. Sekarang ini banyak sekali permintaan pasar khusus komoditi-komoditi organik termasuk sayur-mayur.

 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar