Partisipasi Pilkada Morowali Diharap Lebih 81 Persen

id kpu, Yahdi Basma

Saya kira ini tidak maksimal karena tidak menjangkau seluruh daerah pelosok dan terpencil. Dengan waktu persiapan sekitar satu bulan saya rasa ini kurang maksimal.
Palu, (antarasulteng.com) - Mantan anggota KPU Sulawesi Tengah Yahdi Basma berharap angka partisipasi pemilih di Pilkada Morowali yang akan digelar 13 Maret 2013 di atas 81 persen sehingga dianggap lebih berhasil dari pemungutan suara sebelumnya.

"Paling tidak partisipasi pemilih 82 persen sehingga lebih berkualitas," kata Yahdi kepada wartawan di Palu, Selasa.

Dia mengatakan persiapan KPU Sulawesi Tengah yang sekitar satu bulan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pilkada Morowali diharapkan tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan pilkada.

Namun demikian, katanya, proses sosialisasi yang singkat dikhawatirkan bisa menurunkan angka partisipasi pemilih.

Penyelenggara Pilkada Morowali sendiri tidak melakukan sosialisasi melalui media massa, namun hanya berkeliling ke desa-desa dengan menggunakan alat pengeras suara dan menempel pengumuman di tempat umum.

"Saya kira ini tidak maksimal karena tidak menjangkau seluruh daerah pelosok dan terpencil. Dengan waktu persiapan sekitar satu bulan saya rasa ini kurang maksimal," ujar Yahdi.

Pemungutan suara Pilkada Morowali sebelumnya dilaksanakan pada 27 November 2012, dan dimenangi oleh pasangan petahana Anwar Hafid/Sumisi Marunduh dengan 52.897 suara (48 persen), menyusul pasangan Ahmad Ali-Jakin Tumakaka (23 persen), Chaeruddin Zein-Delis Julkarson Hehi (20 persen), Andi Muhammad-Saiman Pombala (7,0 persen ) serta pasangan Burhan Hamadding-Huragas Talingkau (2,0 persen).

Akan tetapi, pasangan Ahmad Ali-Jakin Tumakaka mengajukan permohonan sengketa pilkada ke Mahkamah Konstitusi karena ditemukannya berbagai kecurangan dalam pelaksanaan pilkada yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, masif, dan kolaboratif.

Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan untuk digelarnya pemungutan suara ulang tanpa mengikutsertakan pasangan Andi Muhammad-Saiman Pombala karena terbukti tidak memenuhi syarat kesehatan.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Morowali saat ini mencapai 147.301 orang yang tersebar di 451 tempat pemungutan suara.

Jumlah DPT itu masih sama dengan pemilih pada 27 November 2012.

Pilkada Morowali sendiri turut diamankan oleh sekitar 1.500 aparat gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP. (R026/SKD)