FASI Sulteng Keberatan Pembangunan Tower Listrik

id PARALAYANG, TOWER, LISTRIK

FASI Sulteng Keberatan Pembangunan Tower Listrik

Paralayang (ANTARA Sulteng/Fiqman Sunandar)

FASI meminta kepada PLN agar pembangunan tower jaringan listrik PLTA tidak sampai mengganggu kegiatan olahraga Paralayang di Desa Sibedi dan Wayu, Kecamatan Kinovaro.
Palu (antarasulteng.com) - Pengda Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulawesi Tengah keberatan terhadap rencana pembangunan tower jaringan listrik Pembangkit Listrik Tanaga Air (PLTA) di Desa Sibedi, Kabupaten Sigi.

"Masalahnya tower itu akan menggangu kegiatan olah raga cabang paralayang," kata Sekretaris Pengda FASI Sulteng Asgaf di Palu, Rabu.

Ia mengatakan lokasi untuk pembangunan tower jaringan listrik PLTA Poso di Kecamatan Marawola itu melewati lokasi tempat pelaksanaan kegiatan olah raga paralayang.

Karena itu, lanjut Asgaf, Pengda FASI Sulteng telah melayangkan surat keberatan tersebut kepada PT PLN Area Palu sebagai pengelola listrik di daerah ini.

"Suratnya sudah dilayangkan beberapa hari lalu kepada Manager PT PLN Cabang Palu," katanya.

Dalam surat tersebut, Pengda FASI meminta kepada PLN agar pembangunan tower jaringan listrik PLTA tidak sampai mengganggu kegiatan olahraga Paralayang di Desa Sibedi dan Wayu, Kecamatan Kinovaro.

Kedua desa di Kabupaten Sigi tersebut selama ini sudah menjadi tempat latihan dan pelaksanaan berbagai kejuaraan tingkat nasional, bahkan internasional untuk cabang olahraga Paralayang.

Namun, kata Asgaf, hingga kini belum ada tanggapan dari pihak PT PLN setempat. Tetapi Pengda FASI Sulteng sangat berharap mendapat perhatian serius dari PLN.

"Kami berharap PLN bisa melalkkan koordinasi dengan pihak kontraktor pelaksana pembangunan tower jaringan listrik PLTA Poso agar mereka mencari lokasi lain," katanya.

Apalagi, dalam waktu dekat ini, yaitu pada 16-17 Maret 2013 akan digelar Kejuaraan Daerah dan juga pada Mei dan Juni 2013 dilanjutkan dengan Kejuaraan Internasional Paralayang yang akan diikuti atlet-atlet dunia dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Sulteng kembali akan menjadi tuan rumah Indonesia Open 2013. (BK03)