Sulteng siapkan 30 atlet ikut Prakualifikasi PON di Jabar

id KONI, Sulteng

Sulteng siapkan 30 atlet ikut  Prakualifikasi PON di  Jabar

Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles (Antara/Anas Masa)

Kita semua berharap atlet Sulteng di iven itu bisa merebut tiket guna memperbanyak cabang yang lolos PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua Oktober 2020

Palu (ANTARA) - Sulawesi Tengah menyiapkan sebanyak 30 atlet terbaiknya untuk mengikuji kejurnas sekaligus prakualifikasi PON XX yang akan berlangsung di Jawa Barat dalam waktu dekat.

Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles di Palu, Rabu mengatakan sejumlah cabang olahraga yang sedang dan akan melaksanakan babak kualifikasi PON, antara lain atletik, tinju dan sepaktakraw putri.

Khusus cabang sepaktakraw putri Pra-PON dilaksanakan di Makassar dan tinju di Maluku Utara.

Untuk cabang atletik, kata dia, Pengda PASI Sulteng menargetkan merebut tiket ke PON dan niscaya hal itu bisa terwujud mengingat ada beberapa atlet yang akan mewakili daerah ini di babak kualifikasi tersebut memiliki catatan prestasi cukup bagus.

"Kita semua berharap atlet Sulteng di iven itu bisa merebut tiket guna memperbanyak cabang yang lolos PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua Oktober 2020," katanya.

Baca juga : KONI Sulteng harap setiap cabanga meraih tiket ke PON Papua
 
Atletik termasuk cabang yang juga sangat diunggulkan Sulteng di PON XX bersama beberapa cabang olahraga lainnya.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele, kata Edison bertekad untuk meningkatkan prestasi di tingkat nasional karena hingga pada pelaksanaan PON XIX di Jabar 2016, peringkat Sulteng masih bertengger di posisi papan bawah.

Karena itu, kata dia, Sulteng menargetkan PON XX di Papua, Sulteng harus meningkatkan prestasinya untuk naik ke posisi lebih baik lagi.

Menurut dia, bukan tidak mungkin hal itu bisa terwujud jika semua cabang yang nantinya lolos ke PON dan benar-benar mempersiapkan atlet dengan baik dan matang.

"Yang terpenting pengurus, pelatih maupun atlet sendiri sama-sama punya tekad dan semangat juang yang tinggi untuk mencapai prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama daerahnya di iven empat tahun sekali itu," ujar Edison yang juga pengurus Pertina dan PODSI Sulteng itu.

Sulteng pada PON XIX berhasil merebut 11 medali berupa perak dan perunggu dari beberapa cabang olahraga antara lain karate, pencaksilat, sepaktakraw putri, tinju, binaraga, dayung.***3***
(T.BK03/)