Bursa inovasi desa diharap jadi alternatif pembangunan Parigi Moutong

id bursa inovasi, desa,parimo

Bursa inovasi desa diharap jadi alternatif pembangunan Parigi Moutong

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Parigi Moutong Samin Latandu membuka Kegiatan Bursa Inovasi Desa, di Parigi, Kamis (1/8). (Antaranews/Humas Pemda)

Mari kita bangun desa sejahtera dengan tetap menjaga rasa kebersamaan, mempererat tali persaudaraan turut aktif menjaga iklim yang kondusif dan toleransi agar tidak mudah terprovokasi, serta tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan agar Parigi Mou
Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah berharap Bursa Inovasi Desa (Bid) dapat menjadi langkah alternatif percepatan pembangunan desa di kabupaten itu.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Samin Latandu saat menghadiri Bursa Inovasi Desa program inovasi desa, di Parigi, Kamis mengatakan, program inovasi desa digagas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemedes-PDTT).

Program itu sekaligus sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

Tahun anggaran 2019, bursa inovasi desa dilaksanakan di setiap kecamatan dan/atau klaster beberapa kecamatan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari model pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa (Ppid) mulai tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa. 

"Majunya suatu daerah diawali dari desa, oleh karena itu desa harus selalu didorong agar lebih baik lagi," ujar Samin.

Baca juga : Pemkab Parigi Moutong genjot pengelolaan lingkungan untuk raih Adipura

Bursa inovasi desa sebagai upaya pemerintah menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif dan alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Selain itu, untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa secara umum serta program penglolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus serta menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. 

"Mari kita bangun desa sejahtera dengan tetap menjaga rasa kebersamaan, mempererat tali persaudaraan turut aktif menjaga iklim yang kondusif dan toleransi agar tidak mudah terprovokasi, serta tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan agar Parigi Moutong semakin maju dan berkembang," katanya.

Dikemukakannya, Bursa Inovasi Desa di Parigi Moutong dibagi dalam tujuh klaster mulai dari Kecamatan Sausu, Balinggi, Torue, Parigi Selatan, Parigi, Parigi Barat dan Parigi Tengah.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar