Emas berjangka Jumat pagi ditutup lebih rendah

id emas berjangka,COMEX New York Mercantile Exchange,pelemahan dolar

Emas berjangka Jumat pagi ditutup lebih rendah

Ilustrasi - Harga fluktuasi harga emas. (pixabay.com)

Chicago (ANTARA) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange lebih rendah pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena logam mulia tertekan oleh penjualan teknis para pedagang.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember turun 5,4 dolar AS atau 0,38 persen, menjadi ditutup pada 1.432,4 dolar AS per ounce.

Para pedagang memperpanjang penjualan teknis mereka setelah pemangkasan suku bunga Federal Reserve gagal membendung penguatan dolar AS.

Namun, penurunan logam mulia dibatasi oleh dolar AS yang lebih lemah. Indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,14 persen menjadi 98,39 pada pukul 17.30 GMT, sesaat sebelum penyelesaian perdagangan emas.

Emas berjangka biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS, yang berarti jika dolar AS melemah maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang dihargai dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Sehari sebelumnya, emas berjangka juga melemah tertekan oleh penguatan dolar AS usai pengumuman kebijakan penurunan suku bunga bank sentral AS, The Fed.

Emas berjangka memperpanjang penurunan mereka ke sesi perdagangan elektronik setelah Federal Reserve AS mengurangi suku bunga utamanya seperempat poin ke kisaran 2,00 persen hingga 2,25 persen, seperti yang diperkirakan pasar.

Federal Reserve pada Rabu (31/7/2019) menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan global 2008, di tengah peningkatan kekhawatiran atas ketegangan perdagangan, ekonomi global yang melambat, dan tekanan inflasi yang diredam.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September turun 22,5 sen atau 1,37 persen, menjadi menetap di 16,18 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 27,6 dolar AS, atau 3,14 persen, menjadi ditutup pada 851,3 dolar AS per ounce.