Kardinal Argentina Jorge Bergoglio Terpilih Sebagai Paus

id paus, fransiscus

Kardinal Jorge Mario Bergoglio (ANTARANews/Istimewa)

Francis I adalah Paus pertama dari Amerika Latin.
Vatikan (antarasulteng) - Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio, 76 tahun, Rabu terpilih sebagai Paus baru, kata seorang kardinal mengumumkan dari Kapel Sistina.

Asap putih naik di atas Kapel Sistine di Vatikan Rabu untuk menyambut pemilihan dengan  115 kardinal baru, yang ke-266, dari Gereja Katolik Roma.

Paus yang baru, yang akan memimpin umat Katolik sebanyak 1,2 miliar di dunia, mengambil nama Francis I.

Dia muncul di balkon tengah Basilika St Peter, disambut sorak  puluhan ribu orang  di Lapangan St Peter, yang telah menunggu pengumuman nama paus baru itu.

Pengganti Paus Benediktus XVI dipilih oleh kardinal dari seluruh dunia yang berkumpul di Kapel Sistina pada Selasa malam.

Mayoritas dua pertiga diperlukan dari konklaf kepausan. Hanya kardinal yang berusia di bawah 80 yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam konklaf.

Paus Benediktus XVI, 85 tahun, mengumumkan keputusannya untuk mundur pada 11 Februari, dengan alasan  kesehatan dan ketidakmampuan untuk "mengatur barque dari St Petrus."

Dia adalah Paus pertama yang mengundurkan diri dalam tempo  600 tahun.

Benediktus telah menjadi Paus ke-265 pada tahun 2005 setelah kematian pendahulunya John Paul II.

Paus terakhir yang mengundurkan diri sebelum kematiannya adalah Gregory XII pada tahun 1415.

Francis I adalah Paus pertama dari Amerika Latin.

Seorang juru bicara Gereja Ortodoks Rusia mengatakan Rabu bahwa ia berharap "dinamika positif" akan dipertahankan dalam hubungan dengan Gereja Katolik Romawi di bawah pemimpin baru. (Ant-RIA Novosti-0ANA)

Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar