Bupati Parimo minta pejabat baru dilantik kejar Adipura

id Adipura, bupati, Parimo, lurah

Bupati Parimo minta pejabat baru dilantik kejar Adipura

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. (Antaranewa/Ist)

Laksanakan perintah camat, itu sudah menjadi konsekwensi jabatan
Parigi (ANTARA) - Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu meminta para pejabat kelurahan yang baru dilantik agar bekerja keras meraih penghargaan Adipura untuk daerah itu.

"Kita diberikan pilihan, kejar Adipura Kencana atau Kota Adipura. Kalau Adipura Kencana saya kira berat, karena penilaian mencakup seluruh wilayah Parigi Moutong, kalau meraih Kota Adipura ruang lingkupnya lebih kecil," kata Samsurizal usai mengambil sumpah para pejabat di lingkungan Pemkab Parimo, di Parigi, Senin.

Bupati menekankan, kebersihan kota harus menjadi perhatian khusus sehingga dibutuhkan kerja sama dan gotong royong mewujudkan kebersihan kota. 

Menurutnya, dari segi laporan keuangan daerah, Parigi Moutong telah mendapat penilaian memuaskan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulteng yakni predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), maka sudah sewajarnya kabupaten ini meraih penghargaan kota Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Dia menilai, lurah/kepala desa harus menjadi ujung tombak pemerintah menyosialisasikan program ini kepada masyarakat, agar program tersebut dapat berjalan sesuai harapan. 

"Jika koreksi-koreksi tim penilai Adipura kita tidak jalankan, itu artinya pemerintah tidak serius," katanya menambahkan. 

Agar memaksimalkan kerja-kerja kebersihan, maka perlu sinergitas antara pemerintah kelurahan dan kecamatan sebagai upaya koordinasi guna membangun kesepahaman.

"Laksanakan perintah camat, itu sudah menjadi konsekwensi jabatan," kata Samsurizal.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar