Kemenkeu bantu bangun rumah saki Anutapura Palu pascagempa

id RS anutapura,kementerian keuangan, palu

Kemenkeu bantu bangun rumah saki Anutapura Palu pascagempa

Wali Kota Palu, Hidayat. (ANTARA/Moh Ridwan)

Ini masih wacana, jika memungkinkan maka rumah sakit Anutapura tipe B kita pindahkan dan bangun di lokasi hunian tetap, sedangkan bekas rumah sakit itu nanti kita siapkan untuk rumah sakit tipe C
Palu (ANTARA) - Kementerian Keuangan membantu pemerintah setempat membangun kembali rumah sakit Anutapura Palu, Sulawesi Tengah yang roboh akibat guncangan gempa bermaknitudo 7,4 pada Skala Richter 28 September 2018 lalu.

WaliKota Palu Hidayat, di Palu, Selasa mengtakan pembangunan kembali fasilitas kesehatan bantuan kementerian Keuangan merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat ikut terlibat dalam pemulihan pascagempa, tsunami dan likuefaksi yang melanda Ibu Kota Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Bangunan rumah saki yang rusak parah adalah gedung rawat iniap berlantai empat yang saat pembangun sebelumnya menggunakan dana Pusat Investasi Pemerintah (PIP) senilai Rp100 miliar di masa kepemimpinan Rusdy Mastura.

"Pemerintah Kota sudah menyelesaikan pembayaran utang pembangunan rumah sakit umum itu tahun 2018 sebesar Rp100 miliar, tetapi Allah bekehendak lain, bangunan tersebut roboh saat diguncang gempa," ungkap Hidayat.

Baca juga : Kisah perempuan selamat dari runtuhan RS

Wali Kota memaparkan, atas peristiwa tersebut maka kementerian keuangan menggelontorkan dana sekitar Rp90 miliar untuk kebutuhan pembangunan rumah sakit tipe B itu agar proses pelayanan kesehatan pulih seperti sedia kala. Meski kodisinya masih tahap perbaikan, naumun kegiatan pelayana kesehatan tetap berjalan.

Rumah sakit Anutapura merupakan aset pemerintah kota sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

"Pembangunan konstruksi sudah dimulai, kami harap prosesnya cepat selesai sehingga bisa digunakan untuk pelayanan rawat inap pasien," ujar Hidayat.

Baca juga : Banggar DPRD Palu tak anggarkan RS Anutapura

Dalam rencana tapak Pemkot Palu, di lokasi relokasi korban gempa,tsunami dan likuefaksi telah disediakan lahan sekitar 10 hektare untuk fasilitas rumah sakit, rencananya rumah sakit Anutapura dipindahkan di kawasan relokasi Kelurahan Tando-Talise, Kecamatan Mantikulore.

"Ini masih wacana, jika memungkinkan maka rumah sakit Anutapura tipe B kita pindahkan dan bangun di lokasi hunian tetap, sedangkan bekas rumah sakit itu nanti kita siapkan untuk rumah sakit tipe C," ucapnya.

Kawasan relokasi masyarakat korban bencana, bukan hanya disediakan untuk pembangunan rumah sakit melainkan sejumlah fasilitas lainnya seperti pasar, perkantoran termasuk balai rehabilitasi narkotika Badan Narkotika Nasional (BNN).