Kamboja Ingatkan Bahaya Badai Petir

id kaboja, badai, petir

Kamboja Ingatkan Bahaya Badai Petir

ilustrasi (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

Phnom Penh (antarasulteng.com)  - Kamboja Jumat mengumumkan bahwa fenomena alam berbahaya seperti petir dan badai petir akan terjadi di Kamboja dari pertengahan Maret sampai akhir Juni tahun ini dan mendesak rakyatnya  untuk waspada.

"Fenomena alam ini dapat menyebabkan kerugian bagi manusia, hewan dan properti," kata pengumuman Departemen Sumber Daya Air dan Meteorologi yang ditandatangani oleh Menteri Lim Kean Hor.

"Fenomena seperti itu sering terjadi di daerah dengan cuaca sangat panas dan awan yang berbentuk seperti jamur  sebelum berkembang menjadi awan hitam yang menyebabkan hujan. Pada saat yang sama, petir dan badai akan terjadi," katanya.

"Kementerian mengimbau  semua orang untuk memberikan perhatian yang besar terhadap fenomena itu demi menghindari bahaya."
 
Pemberitahuan itu dikeluarkan setelah hujan dan angin kuat melanda beberapa provinsi barat laut negara itu Kamis sore  dan menewaskan empat orang serta melukai empat orang lainnya. Sekitar 400 rumah hancur.

Di antara empat kematian, tiga karena rumahnya  roboh dan menimpa mereka sedangkan seorang tewas  disambar petir.

Menurut sebuah laporan dari Komite Nasional Penanggulangan Bencana, sambaran petir menewaskan 103 orang dan melukai 72 warga Kamboja lainnya tahun lalu, sementara badai besar diklaim menewaskan lima orang dan melukai 37 lainnya.(Antara/Xinhua-OANA)

Penterjemah:A. Krisna
    


Editor : Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar