Jokowi: Megawati tunjukkan kiprah sukses pimpin PDI Perjuangan

id Jokowi, pdip, kongres v pdip

Jokowi: Megawati tunjukkan kiprah sukses pimpin PDI Perjuangan

Presiden Jokowi (mengenakan pakaian adat Bali) saat menghadiri Kongres V PDIP di Bali, Kamis. (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Kita lihat PDIP jadi partai pemenang. Kita tahu PDIP di bawah kepemimpinan Ibu Mega telah membuktikan kiprah sukses dua kali menang berturut-turut, bahkan tiga kali dihitung sejak reformasi
Denpasar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Megawati Soekarnoputri telah menunjukkan kiprah sukses memimpin PDI Perjuangan dengan membawa PDIP menang pemilu dua kali berturut-turut.

"Kita lihat PDIP jadi partai pemenang. Kita tahu PDIP di bawah kepemimpinan Ibu Mega telah membuktikan kiprah sukses dua kali menang berturut-turut, bahkan tiga kali dihitung sejak reformasi," kata Jokowi, saat menghadiri Kongres V PDIP, di Bali, Kamis (8/8).

Jokowi yang hadir di Bali mengenakan pakaian adat Bali, untuk menghormati provinsi dirinya memperoleh suara terbanyak hingga 91,6 persen, mengatakan bahwa kerja keras Megawati dan keluarga besar PDIP dalam pemilu memang membawa hasil memuaskan.

Dia menilai PDIP merupakan partai pelopor yang matang secara ideologi, dan yang mengakar sampai akar rumput.

"Kadernya militan dan loyal," ujar Jokowi yang juga kader PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Pengamat: wajar PDIP minta "jatah" kursi menteri ke Jokowi

Sebagai Presiden terpilih 2019-2024, Jokowi berterima kasih atas kerja keras PDIP selama lima tahun belakangan. Dia mengajak PDIP bekerja sama selama lima tahun ke depan.

"Kita berjuang bersama bergerak bersama mewujudkan nilai-nilai kerakyatan demi keadilan sosial," kata dia pula.

Adapun dalam Kongres V PDIP, Megawati terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDIP 2019-2024. Megawati diberikan hak prerogratif oleh partai untuk menyusun struktur kepengurusan partai itu ke depan.

Hingga susunan itu dibentuk, saat ini DPP PDIP bersifat demisioner

Baca juga: Prabowo kirimkan karangan bunga untuk kesuksesan Kongres V PDI Perjuangan