HUT RI diperingati dengan sederhana di Italia

id HUT RI di Roma

Ilustrasi - Warga Italia Antusias Memainkan Gamelan Bali di KBRI Roma, Italia (KBRI Roma)

London (ANTARA) - Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia diperingati dengan sederhana namun meriah di Roma, Italia dan cukup unik dimana sebagian peserta upacara rohaniawan Katolik Indonesia dari berbagai biara di Italia yang secara khusus hadir untuk bersuka cita bersama.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Roma, Veronika Vonny Handayani kepada Antara London Senin mengatakan rohaniawan Katolik Indonesia di Italia berada di bawah pelayanan dari KBRI Vatikan hadir bersama sekitar 350 warga Indonesia dari berbagai kota di Italia mengikuti Upacara Pengibaran Bendera dan Panggung Gembira.

Menjelang pukul 10 pagi upacara dimulai, dipimpin Atase Pertahanan KBRI Roma, Kolonel Laut (E) Wachyad sebagai Komandan Upacara dan Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani bertindak selaku Inspektur Upacara.

Warga Indonesia maupun keluarganya dengan khidmat mengikuti upacara bendera menggunakan beragam kostum Nusantara.

Bendera dikibarkan enam Paskibra, sebagian dari mereka adalah anak-anak Indonesia yang lahir dan besar di Italia. Tepat pukul 10 pagi, suara gong berkumandang 17 kali sebagai penanda detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

Pada kesempatan ini, hadir Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan, Agus Sriyono beserta staf dan keluarga bersama para para rohaniawan Katolik Indonesia dari berbagai biara di Italia berada di bawah pelayanan dari KBRI Vatikan.

Menutup rangkaian upacara, aubade angklung KBRI Roma tampil harmonis membawakan berbagai lagu nasional dan daerah terdiri dari anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma dan keluarga.

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) Bandung ikut berpartisipasi, dengan menyanyikan lagu "Hari Merdeka" dan "Bangun Pemudi-Pemuda" pada aubade, yang disambut peserta upacara dengan meriah.

Mereka juga menampilkan ragam lagu daerah dengan kostum Nusantara yang menarik. Penampilan ini dilaksanakan sebelum mereka mengikuti kejuaraan paduan suara di Arezzo, Italia pada 23 dan 24 Agustus mendatang

Dubes Esti Andayani menyampaikan makna dari tema Peringatan HUT ke-74 RI "SDM Unggul Indonesia Maju", mengenai pentingnya memperkuat sumber daya manusia Indonesia, termasuk yang tinggal di luar negeri.

Dubes meneruskan pesan Presiden Joko Widodo di masa globalisasi dan industrialiasi ini, kompetisi global semakin ketat, sehingga Indonesia harus menghadapi persaingan dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan yang kita miliki.
 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar