Obama Minta Israel Hentikan Pembangunan Pemukiman

id obama, israel

Obama Minta Israel Hentikan Pembangunan Pemukiman

Barack Obama setelah beberapa saat memenangi pemilihan presiden AS. (reuters)

Sebagaimana Israel telah mendirikan negara di tanah mereka sendiri, rakyat Palestina memiliki hak untuk menjadi bangsa yang merdeka di tanah mereka," kata Obama.
Jerusalem (antarasulteng.com) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengimbau Pemerintah Israel agar menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jerusalem Timur.

Obama mengemukakan hal itu ,saat berpidato di hadapan mahasiswa Israel dalam kunungannya di negara tersebut.

Obama mengatakan Negara Palestina Merdeka yang layak adalah satu-satunya cara untuk menjamin perdamaian dan keamanan bagi Israel.

Ia mengatakan dirinya yakin Presiden Palestina Mahmoud Abbas adalah mitra sejati bagi perdamaian dengan Israel.

"Pemerintah Israel harus mengakui berlanjutnya kegiatan permukiman adalah  kontra-produktif dengan upaya mewujudkan perdamaian, dan Negara Palestina yang Merdeka harus dapat dipertahankan, dan perbatasan sesungguhnya harus ditetapkan," kata Obama seperti dikutip kanto berita Xinhua.

Obama juga menyampaikan keberatannya atas tindakan sepihak dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina, dan mengatakan, "AS akan menentang tindakan sepihak yang berusaha melangkahi perundingan di PBB."

Ia merujuk kepada upaya Palestina untuk memperoleh pengakuan bagi negara mereka oleh PBB.

Meskipun menyeru Palestina agar mengakui Israel sebagai negara Yahudi, Obama mengatakan rakyat Palestina memiliki hak untuk menetapkan nasib sendiri.

"...Sebagaimana Israel telah mendirikan negara di tanah mereka sendiri, rakyat Palestina memiliki hak untuk menjadi bangsa yang merdeka di tanah mereka," kata Obama.