Pemberitaan di media massa diharapkan bisa mendidik warga Palu

id Palu,Kota Palu,Balai bahasa Sultwng,Sulteng,Pasigala

Salah satu narasumber memberikan materi penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik di Kota Palu dalam kegiatan Penyuhan Bahasa Indonesia Bagi Pengelola Media Massa di Kota Palu yang diadakan Balai Bahasa Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Palu, Kamis (22/8). (Antaranews/Muh. Arsyandi)

Saya berharap media massa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap produk jurnalsitik yang dihasilkan sebab fungsi lain media massa yaitu mendidik masyarakat
Palu (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu Ikhsan Hamzah mengatakan media massa cetak dan elektronik tidak hanya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dan pemberi informasi kepada warga Palu, tetapi juga diharapkan mendidik warga Palu.

"Saya berharap media massa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap produk jurnalsitik yang dihasilkan sebab fungsi lain media massa yaitu mendidik masyarakat," katanya dalam kegiatan Penyuhan Bahasa Indonesia Bagi Pengelola Media Massa di Kota Palu yang diadakan Balai Bahasa Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Palu, Kamis.

Mendidik yang ia maksud yakni penggunaan bahasa dan kata dalam karya jurnalistik yang dihasilkan oleh wartawan di media massa cetak dan eletronik menjadi contoh bagi  masyarakat dalam menggunakan bahasa dan kata agar sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

karena itu  lewat kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia tersebut ia berharap puluhan wartawan dari berbagai media cetak dan online itu dapat menggunakan kata dalam karya jurnalistik yang dibuat yang sesuai dengan ejaan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Media massa diharapkan sebagai pendidik pembaca untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena media massa memiliki peran yang sangat strategis di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah Adri dalam kesempatan itu juga mengajak dan mengimbau media massa cetak dan elektronik di Kota Palu agar menyajikan produk jurnalistik yang sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengingat masih ditemukan produk jurnalistik yang disajikan oleh media massa cetak dan elektronik di ibu kota Provinsi Sulteng itu yang belum sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang tepat.

"Mari kita bersinergi untuk menyajikan suatu karya jurnalistik yang sesuai dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta baku," katanya.

Baca juga: Balai Bahasa: media di Palu sajikan berita sesuai kaidah Bahasa Indonesia
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar