Sulteng kirim dua atlet di kejurnas dan prakualifikasi PON XX

id Atletik

Ilustrasi, sejumlah pelari beradu cepat dalam nomor lari 100 meter final putra Kejuaraan Nasional Atletik U-18, U-20 dan Senior 2019 (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Palu (ANTARA) - Pengprov PRSI Sulawesi Tengah hanya mengirim dua atlet untuk mengikuti kejurnas dan prakualifikasi PON XX yang berlangsung di Jakarta dari 23-24 Agustus 2019.

Wakil Ketua Pengprov PRSI Sulteng, Warsita sebelum bertolak ke Jakarta, Jumat mengatakan semula akan mengikutsertakan beberapa atlet ke event itu, tetapi terkendala persyaratan yakni masalah umur dan juga ada beberapa atlet lain yang sementara mengikuti O2SN di Aceh dan Semarang.

Meski hanya mengirim dua atlet, ia optimistis bisa meraih tiket ke PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada 2020.

"Kami yang terutama merebut tiket ke PON," kata dia.

Melihat catatan prestasi kedua atlet tersebut, Warsita yakin baik Abdul Azis dan Salsabila yang masing-masing turun pada nomor 5.000 meter mampu berada paling tidak di posisi delapan besar.

Jika keduanya bisa mencapai delapan besar, berarti dipastikan lolos ke PON XX/20.

"Dan saya yakin mereka bisa masuk dalam delapan besar di kejurnas dan prakualifikasi PON," ujarnya.

Renang tidak termasuk dalam daftar cabang-cabang unggulan Sulteng yang ditetapkan KONI. Meski bukan cabang unggulan, namun pengprov PRSI terus berusaha keras untuk meningkatkan prestasi atlet di tingkat nasional.

Memang, kata dia, untuk bisa bersaing dengan atlet dari daerah lainnya tidak mudah, sebab pengalaman tanding masih minim. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa mengukir prestasi.

"Semuanya memungkinkan bagi atlet yang benar-benar mempersiapkan diri dengan matang untuk mengukir prestasi di setiap iven/kejuaraan," kata Warsita yang juga adalah pengurus KONI Sulteng.

Sementara Ketua Umum KONI Sulteng , Anwar Ponulele sebelumnya mengatakan sudah ada beberapa cabang yang berhasil merebut tiket ke PON XX/20.

Cabang yang sudah dipastikan lolos antara lain sepaktakraw putri, belap sepeda dan binaraga.

KONI menetapkan beberapa cabang unggulan di PON XX terdiri karate, pencak silat, dayung, tinju, sepaktakraw putri, binaraga, atletik, judo, taekwondo,  kempo dan panjat tebing.

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar