Persiapan FPD Poso sudah capai 50 persen

id FPD Poso,Danau Poso,Tentena

Persiapan arena Festival Danau Poso (FDP) yang akan digelar 26 s/d 31 Agustus 2019, kini mulai dipersiapkan dengan matang. (Antarasulteng/Fery Timparosa)

Persiapan lapangan sudah mencapai 50 persen, semoga besok dan minggu nanti, sudah mencapai 100 persen untuk finishing
Palu (ANTARA) - Festival Danau Poso (FDP) yang akan digelar 26 s/d 31 Agustus 2019, kini mulai dipersiapkan dengan matang. Mulai dari pemantapan jalan masuk ke arena hingga persiapan tarian dan pagelaran gladi kotor.

"Persiapan lapangan sudah mencapai 50 persen, semoga besok dan minggu nanti, sudah mencapai 100 persen untuk finishing," kata Bupati Poso, Darmin Sigilipu di Tentena, Jumat.

Darmin mengatakan dari persiapan itu telah dua kali melakukan gladi kotor dan akan dilanjutkan dengan gladi bersih. 

Sementara persiapan tenda-tenda sudah mulai dilaksanakan oleh panitia. Ia katakan, FDP itu merupakan salah satu top event yang masuk dalam 100 calendar of events 2019 dari Kementrian Pariwisata.

"Kita ingin mengangkat budaya lokal yang ada seperti tarian masal torompio, yang akan ditampilkan oleh 500 anak-anak," tuturnya.

Baca juga : Dua menteri dijadwalkan hadiri FDP Poso

Selain persiapan gladi kotor itu, juga jalan masuk ke anjungan pusat acara FDP, telah diperbaiki. Beberapa tempat parkir juga telah disiapkan oleh panitia. 

Acara yang dipusatkan di tepi Danau Poso itu akan dihiburkan oleh sejumlah artis ibu kota seperti Vicky Salamor, Geisha dan artis lainya.

FDP saat ini akan digabung dengan Festival Budaya Daerah (FBD), yang sebelumnya acara FDB akan lebih awal dilaksanakan yang kemudian dilanjutkan dengan FDP. 

Festival ini selain untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata daerah Sulawesi Tengah, juga sekaligus untuk membuktikan kepada masyarakat dalam dan luar negeri terkait keamanan di Kabupaten Poso yang sudah kembali kondusif sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Sementara kegiatan yang akan dilaksanakan yakni, jelajah wisata megalit, pemilihan putra-putri 'ongga bale', atraksi seni budaya, lomba foto video menggunakan drone, dan sejumlah kegiatan lainnya.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar