30 Kepala Desa di Parigi Moutong diambil sumpah

id Kepala desa, parimo

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengambil sumpah jabatan sebanyak 30 orang Kepala Desa hasil pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah untuk periode 2019-2025 di Desa Toboli Kecamatan Palasa, Sabtu (24/8/2019). (Antaranews/Moh Ridwan)

Palasa, Parigi (ANTARA) - Sebanyak 30 orang Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kepala Desa serentak periode 2019-2025 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah diambil sumpah jabatan.

Pengambilan sumpah dipimpin langsung Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu bertempat di Desa Bobalo, Kecamatan Palasa, Sabtu dan di hadiri sejumlah pejabat Pemkab Parigi Moutong dan Forum komunikasi pimpinan daerah serta keluarg para kepala desa. 

Selain pengambilan sumpah kepala desa, bupati juga mengambil sumpah pejabat struktural Eselon II, III dan IV di lingkup Pemkab Parigi Moutong. 

Para kepala desa yang dilantik berasal dari 30 desa di 10 Kecamatan yang berada di wilayah utara kabupaten itu. Sedangkan kepala desa terpilih di wilayah Selatan pada pemilihan serentak 2019 masih menunggu jadwal dan tindak lanjut pemerintah setempat. 

Bupati Samsurizal mengatakan, bagi para kepala desa yang baru menjabat agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai aturan berlaku,  khsusunya dalam mengelolaan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD).

"Tugas kepala desa cukup berat, olehnya pengelolaan dana desa harus digunakan sesuai peruntukannya, " ujar Samsurizal. 

Dia menekankan, kepala desa jangan sampai tergiur dengan anggaran besar yang disediakan pemerintah untuk pembangunan desa lalu disalah gunakan untuk kepentingan pribadi atau golongan karena dampaknya akan berjahapan dengan proses hukum yang dapat merugikan negara maupun yang bersangkutan.

"Saat ini sudah lima kepala desa yang menjalani proses hukum akibat penyalah gunaan dana desa atau pun anggaran dana desa, " katanya menambahkan.
Pewarta :
Editor : Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar