Marinir Amerika wisata sejarah di Surabaya

id Marinir Indonesia, Marinir Amerika, Indonesia, amerika, latihan bersama marinir

Marinir Amerika wisata sejarah di Surabaya

Marinir Amerika yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 melaksanakan program Culture Day dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata yang berada di Surabaya, Jawa Timur (Ist)

Surabaya (ANTARA) - Marinir Amerika yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 melaksanakan program Culture Day dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata yang berada di Surabaya, Jawa Timur, usai melaksanakan latihan di Situbondo dan Banyuwangi, Sabtu.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan tempat wisata yang ada di kota Surabaya.

"Selain itu, juga sebagai wahana refresing bagi Marinir kedua Negara setelah tiga minggu melaksanakan latihan di Puslatpurmar 5 Baluran dan di hutan Selogiri Banyuwangi," katanya melalui keterangan tertulis di terima di Surabaya.

Ia menjelaskan, dengan dipandu prajurit Marinir TNI AL dibawah pimpinanan Lettu Marinir Presly, Marinir Amerika diajak mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, House Of Sampoerna, Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam (Monkasel).

"Kegiatan diawali dengan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, kemudian dilanjutkan mengunjungi House Of Sampoerna, Tugu Pahlawan dan terakhir mengunjungi Monumen Kapal Selam," ujarnya.

Di House Of Sampoerna, rombongan Marinir Indonesia-Amerika melihat secara langsung sejarah berdirinya pabrik rokok Sampoerna hingga saat ini, sedangankan di Monkasel, rombongan rombongan Marinir Indonesia dan Amerika menyaksikan pemutaran video singkat sejarah Kapal Selam Pasopati-410.

"Selain itu juga mendapat penjelasan tentang KRI Pasopati 410 mulai dari penugasan operasi yang pernah dilaksanakan, dinonaktifkannya KRI Pasopati 401 serta sejarah pembangunan Monkasel," katanya.

Sementara itu, Kapten USMC Alfarado menyampaikan ucapan terima kasih kepada Marinir Indonesia yang telah mengenalkan tempat-tempat wisata atau sejarah yang berada di kota Surabaya.

"Ini pengalaman berharga bagi kami Marinir Amerika, Kami sangat senang diajak Marinir Indonesia untuk mengunjungi tempat-tempat sejarah yang ada di kota Surabaya," katanya.