Aziz Bestari diberhentikan dari jabatan Ketua NasDem Tolitoli

id NasDem,Pilkada Tolitoli,Pilkada Serentak

Aziz Bestari diberhentikan dari jabatan Ketua NasDem Tolitoli

Ketua DPW NasDem Sulteng Atha Mahmud menyerahkan SK tentang penunjukan pelaksana tugas jabatan Ketua NasDem Tolitoli kepada Aziz Bestari. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Partai sangat berterima kasih atas kerja keras dan upaya pak haji (Aziz Bestari) dan struktur untuk membesarkan dan menjaga marwah partai,
Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Tengah (Sulteng) memberhentikan mantan Ketua DPRD Tolitoli, Aziz Bestari, dari jabatan Ketua DPD NasDem kabupaten tersebut.

"Partai sangat berterima kasih atas kerja keras dan upaya pak haji (Aziz Bestari) dan struktur untuk membesarkan dan menjaga marwah partai," ucap Sekretaris DPW NasDem Sulteng, Muslimun, di Palu, Minggu.

DPW NasDem Sulteng mengangkat Kasman Amiruddin menggantikan Aziz Bestari untuk memimpin sementara partai besutan Surya Paloh itu di Tolitoli.

Pengangkatan Kasman Amiruddin tertuang dalam Surat Keputusan DPW NasDem Sulteng nomor 004-SK/DPW-NasDem-Sulteng/VIII/2019 tentang penunjukan pelaksana tugas ketua DPD NasDem Tolitoli, yang ditetapkan tanggal 17 Agustus 2019 di Palu.

Bagi NasDem Sulteng, pergantian pucuk pimpinan partai merupakan hal yang biasa.

"Bukan hanya di Tolitoli, di kabupaten lain juga terjadi pergantian. Misalnya Kuswandi, diganti posisinya sebagai ketua DPD Partai NasDem Morowali oleh Taslim. Kemudian, Tuty Hamid di Banggai Laut, juga diganti posisinya oleh Anjung. Dan seterusnya. Singkatnya, pergantian pimpinan ini bagi Nasdem hal yang biasa saja," kata Qimunk sapaan akrab Muslimun.

Terkait Aziz Bestari, sebut dia, posisi Aziz Bestari sudah cukup lama menjabat ketua DPD di struktur Partai Nasdem Tolitoli dan merupakan komitmen bersama.

Aziz Bestari merupakan salah satu politisi yang digadang-gadang akan bertarung di pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Tolitoli.

Karena itu, NasDem memandang bahwa kontestasi pilkada menjadi satu entri poin penting.

"Di Tolitoli ada tiga orang kader maju sebagai bakal calon bupati dari internal NasDem. Karena itu, pergantian Pak Aziz Bestari dilakukan," ujarnya.
Pergantian itu, bukan untuk mengganjal atau melemahkan Aziz Bestari terkait niatnya ingin bertarung di pilkada Tolitoli.

Sebaliknya, pergantian itu untuk memberikan ruang yang besar bagi Pak Aziz, agar bisa kosentrasi penuh menyiapkan dirinya menghadapi mekanisme internal dalam penetapan calon.

"Sama halnya Ketua DPW NasDem Sulteng yang sebelumnya dijabat oleh Aristan, lalu digantikan oleh Atha Mahmud. Pergantian itu karena Aristan ingin bertarung di pilkada Kota Palu sebagai kandidat wali kota. Nah, jadi pergantian itu agar kandidat bisa fokus. Jadi tidak ada yg diistimewakan di partai, semua kader dapat hak yang sama," katanya.
Serah terima jabatan Ketua NasDem Tolitoli dari Aziz Bestari kepada Kasman Amiruddin (ANTARA/Muhammad Hajiji)