Gubernur Sulteng : pelantikan Wagub percepat kinerja pemprov

id Longki

Gubernur Sulteng : pelantikan Wagub percepat kinerja pemprov

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (Foto:Fransiska Ninditya/)

Semoga dengan terlantiknya Wagub akan meringankan dan mempercepat kinerja pemerintahan daerah, khususnya percepatan pemulihan dan pembangunan rekonstruksi pascabencana di Sulteng
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Longki Djanggola bersyukur atas berakhirnya polemik jabatan wakil gubernur (Wagub) dan mengucapkan selamat bertugas untuk Wagub Rusli Baco Dg Pallabi yang akan mendampingi dirinya di pemerintahan.

"Semoga dengan terlantiknya Wagub akan meringankan dan mempercepat kinerja pemerintahan daerah, khususnya percepatan pemulihan dan pembangunan rekonstruksi pascabencana di Sulteng," harap Gubernur Longki dihubungi di Jakarta, Senin.

Gubernur Longki yang juga politisi Partai Gerindra itu menaruh harapan, agar Wagub Rusli dapat menghayati tupoksi Wagub sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Gubernur menyatakan jika semua pihak memahami tupoksi, maka dengan hadirnya Wagub benar-benar dapat membantu suksesnya program dan tugas pemerintah serta tugas-tugas kemasyarakatan.

Sebelumnya, Wagub Sulteng Rusli Baco Dg Pallabi mengatakan usai dirinya dilantik oleh Presiden Joko Widodo dan secepatnya akan bekerja membantu Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk melaksanakan tugas-tugas penanganan pascabencana.

Ia kini menunggu perintah dari Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk memulai segala aktivitas terkait pemerintahan

"Satu bagian tugas wakil gubernur adalah fungsi pengawasan," kata Rusli kepada Antara di Kompleks Sekretariat Negara Jakarta.

Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Pelantikan itu tercantum dalam surat Keputusan Presiden RI No66/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan Tahun 2019-2021 yang dibacakan pada Senin.

Jokowi telah mengambil sumpah jabatan Rusli sebagai Wagub Sulteng di Istana Negara yang disaksikan oleh Wapres Jusuf Kalla beserta sejumlah pejabat diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, serta Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Rusli Dg Pallabi merupakan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) salah satu partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto di periode kedua. Jabatan Wagub Sulteng kosong sejak Oktober 2016 setelah Sudarto meninggal dunia.

Pada 8 Juli 2019, DPRD Sulawesi Tengah dalam rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur Sulteng mempercayakan Rusli Baco mengisi jabatan Wagub setelah melalui proses pemilihan panjang.

Baca juga: Wagub: ASN tidak disiplin siap ditempatkan dimana saja
Baca juga: Wagub: korban bencana Sulteng butuh kepastian soal hunian tetap


 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar