Paus Fransiskus Kobarkan Semangat Pelayanan

id Paus Fransiskus

Paus Fransiskus Kobarkan Semangat Pelayanan

Paus Fransiskus (REUTERS/Paul Hanna)

Jangan biarkan anda kehilangan harapan
Roma (antarasulteng.com) - Tampil sebagai sosok pemimpin umat Katolik sedunia yang teramat menaruh perhatian kepada kondisi kemanusiaan, Paus Fransiskus mengisi ritual perayaan Paskah pada Kamis dengan mencuci kaki 12 pemuda yang berada di lembaga pemasyarakatan di Roma.

Upacara membasuh kaki menyimbolkan semangat melayani yang merupakan salah satu ritual yang ada dalam perayaan Kamis Putih.

Paus juga membasuh kaki 12 imam Katolik yang berperan sebagai 12 murid Yesus untuk mengenang peristiwa Perjamuan Terakhir.

"Jangan biarkan anda kehilangan harapan" kata Fransiskus kepada anak-anak muda itu, sebagaimana dikutip dari laman kantor berita Italia ANSA.

Seraya berlutut di hadapan mereka yang hendak dibasuh kakinya itu, Paus menyebut pembasuhan kaki merupakan bukti bahwa Yesus ingin menunjukkan semangat pelayanan.

"Yesus datang untuk melayani dan membantu mereka yang miskin dan tertindas. Yesus telah bersabda kepada kita agar kita saling melayani. Untuk itulah Dia datang ke dunia. Mereka yang berada di singgasana harus melayani sesamanya," katanya.

Pihak tahta suci Vatikan menyebut bahwa perayaan Kamis Putih "benar-benar sederhana" untuk "memenuhi harapan Bapa Suci". 

Penerjemah: AA Ariwibowo