Kader Nasdem Tolitoli Tolak Aziz Bestari

id nasdem

Kader Nasdem Tolitoli Tolak Aziz Bestari

Para pengurus Garda Pemuda Nasdem yang baru mundur dari keanggotaan. (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Dia mengatakan kader dan simpatisan Nasdem serta pengurus sayap-sayap partai akan keluar dari Nasdem jika DPP Nasdem tidak menghiraukan penolakan mereka.
Palu (antarasulteng.com) - Kader dan para pendiri Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, menolak dipimpin oleh Aziz Bestari karena dianggap proses pengangkatannya tidak sesuai mekanisme partai.

Dihubungi dari Palu, Senin, Sekretaris Nasdem Tolitoli Juanda mengatakan sebagai bentuk penolakan tersebut mereka telah mengirim surat protes ke DPP Nasdem yang ditandatangani Wakil Ketua Eksternal Yamin Tinango.

"Besok (Selasa, 2/4) kami akan berunjuk rasa menolak keputusan DPP Nasdem," kata Juanda.

Dia mengatakan kader dan simpatisan Nasdem serta pengurus sayap-sayap partai akan keluar dari Nasdem jika DPP Nasdem tidak menghiraukan penolakan mereka.

Surat DPC Nasdem yang ditandatangani Yamin Tinango tertanggal 26 Maret 2013 antara lain menjelaskan alasan penolakan Aziz Bestari yang juga Ketua DPRD Tolitoli nonaktif dan Ketua DPC Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) tersebut. 

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Surat Keputusan DPP Nasdem tentang pengangkatan Aziz Bestari terkesan tidak menghargai jerih payah para pendiri, pengurus serta kader partai dalam melakukan perubahan yang lebih baik di negeri ini khususnya di Kabupaten Tolitoli.

Dikatakan, Ketua Partai NasDem Tolitoli yang diputuskan oleh DPP masih tersangkut kasus hukum pidana ijazah palsu.

Dalam surat itu dikatakan, yang bersangkutan juga telah diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Tolitoli oleh Gubernur Sulawesi Tengah dengan Nomor: 171.3/471/RO.ADM PUM-GST/2012, tertanggal 13 Agustus 2012.

"Alasan kami cukup kuat," kata Juanda.

Alasan lainnya, Ketua DPW Nasdem Sulawesi Tengah Ahmad Ali dalam membuat rekomendasi ke DPP tidak mempertimbangkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai karena rapat pleno pengambilan keputusan pengangkatan Aziz Bestari, tidak pernah mengundang atau menghadirkan Pengurus DPD Tolitoli sehingga keputusan yang dihasilkan tidak mewakili aspirasi dari pengurus DPD Tolitoli.

"Perlu diketahui kami pengurus DPD Nasdem Tolitoli tidak pernah mengusulkan atau merekomendasikan Aziz Bestari untuk dijadikan sebagai Ketua menggantikan komposisi kepengurusan yang ada," katanya.