Pesta Kesenian Bali Libatkan 15.000 Seniman

id Pesta Kesenian Bali, Seniman

"Seniman dari luar negeri yang sudah memastikan diri turut serta di antaranya dari Jepang, Korea, India, Malaysia, Amerika, Jerman, dan Belanda," katanya.
Denpasar - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Juni 2012 akan melibatkan sekitar 15.000 seniman dari dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika, di Denpasar, Rabu, mengatakan para seniman itu sudah termasuk yang tampil saat pawai pembukaan, pelaksanaan pergelaran maupun pementasan PKB selama satu bulan penuh.

"Seniman dari luar negeri yang sudah memastikan diri turut serta di antaranya dari  Jepang, Korea, India, Malaysia, Amerika, Jerman, dan Belanda," katanya.

Pembukaan PKB kali ini juga diramaikan dengan pementasan panggung berjalan yakni mobil yang dihias sedemikian rupa dan diatasnya dipentaskan tarian khas masing-masing kabupaten/kota di Pulau Dewata.

Suastika menyampaikan, pembukaan pawai di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi akan ditandai dengan dibunyikannya "okokan" yakni alat musik tradisional dari Tabanan oleh Presiden dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Sedangkan malam saat pembukaan di Taman Budaya Denpasar, pembukaan ditandai dengan membunyikan "kulkul lanang wadon" atau kentungan tradisional Bali. Presiden dan Gubernur masing-masing memukul kulkul sebanyak lima kali," katanya. (K-LHS)