Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Buka Musrenbang Gorontalo

id Armida Alisjahbana

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Buka Musrenbang Gorontalo

Kepala Bappenas Armida Alisjahbana (ANTARA)

Gorontalo, (antarasulteng.com) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Provinsi Gorontalo, di Hotel Maqna Gorontalo, Jumat (5/4) malam.

Pada kesempatan tersebut, Armida meminta pemerintah daerah memantapkan program pembangunan 2014 dan menyajikannya secara lebih spesifik dan terarah.

"Dari rencana yang ada, Gorontalo memiliki sejumlah rencana prioritas, seperti pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan gratis. Sebelum dibawa ke pramusrenbangnas, program ini harus sudah siap dijalankan," katanya.

Di bidang kesehatan, ia mendukung rencana pembangunan RS Ainun Habibie di Gorontalo sebagai RS rujukan dari seluruh kabupaten dan kota.

Namun, katanya, saat RS tersebut mulai beroperasi, sistem rujukan harus berjalan dengan baik agar masalah kesehatan teratasi secara tepat.

"Jangan sakit sedikit ke rumah sakit umum. Itu artinya sistem rujukannya tidak jalan, padahal harusnya pengobatannya harus tuntas dan menyeluruh," katanya.

Sebelum dipaparkan kepada pemerintah pusat, katanya, Pemprov Gorontalo segera menyiapkan tenaga kesehatan agar proyeknya mendapatkan prioritas.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan ada lima proyek besar yang disodorkan kepada pemerintah pusat untuk disetujui dan dianggarkan pada 2014.

Proyek tersebut, katanya, di antaranya pembangunan Irigasi Randangan di Kabupaten Pohuwato, pembangunan jalan lingkar luar, Waduk Dumbaya Bulan, dan pengembangan Bandara Jalaluddin. (skd)