Poso luncurkan aplikasi integrasi e-planing dan e-budgeting

id POSO,WABUB POSO

Poso luncurkan aplikasi integrasi e-planing dan e-budgeting

Wabub Poso menyerahkan penghargaan kepada Kepala Bapelitbangda Poso (ANTARA/H0-Humas Pemda Poso)

Poso (ANTARA) - Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si meluncurkan penggunaan Aplikasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting serta aplikasi Elektronik Sustainable Development Goals (E-SDGs) pada apel bersama di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso di Halaman Kantor Bupati Poso, Senin (16/9).

Launching ini ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan dari Bupati Poso kepada Kepala Bapelitbangda, Kepala BPKAD dan Kadis Kominfo Poso.

Wabup Samsuri menegaskan bahwa sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD Pasal 14 ayat 3 menyatakan bahwa penyusunan RPJPD, RPJMD dan RKPD dilakukan berbasis E-Planning.

Ia juga menegaskan bahwa ini sebagai bagian dari upaya sinkronisasi antara kebijakan serta program daerah dengan kebijakan dan program nasional dimana hal ini dimaksudkan agar terjadi sinergitas antara perekonomian daerah dan nasional serta pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. 

Penggunaan aplikasi ini untuk menggambarkan rencana pembangunan daerah sebagai implementasi RPJMD sebagai rencana pembangunan daerah sehingga dengan demikian nantinya dari proses perencanaan baik itu lima tahunan, maupun dari teknis anggaran bisa dievaluasi, tanpa daerah itu datang ke Kemendagri.

"Hal ini adalah bentuk pelayanan prima yang akan diwujudkan oleh pemerintah daerah, dengan berbagai inovasi, gebrakan serta perubahan-perubahan yang tentunya juga kami sesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman serta upaya kami dalam memenuhi kebutuhan daerah Sintuwu Maroso," katanya.

Suatu kebanggan bagi Kabupaten Poso yang dalam beberapa tahun terakhir ini selalu memunculkan inovasi-inovasi terbaik yakni Bapelitbangda Kabupaten Poso merupakan OPD pertama di Sulawesi Tengah yang menggunakan aplikasi E-SDGs yang memuat data indikator pencapaian dan target RAD-TPB/SDGs. 

Dalam apel bersama ini juga Wabup Samsuri didampingi Sekda Yan Guluda memasangkan selempang kepada Maria Anastasia Kope sebagai Wakil Sulawesi Tengah pada Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019 dan berhasil masuk dalam Top 8 Putri Pariwisata Nusantara serta meraih 2 predikat atribut yakni Best Nasional Costume (Juara I Tingkat Nasional) yang mengangkat judul White Water Foam of Saluopa, Rancangan Desainer Ir. Ongky Irfan Mangun dan Best Night Gown. (GP)