TNI segera realisasikan Secaba di Gorontalo

id Kodam XII/Merdeka,Pendam Merdeka,Gorontalo

TNI segera realisasikan Secaba di Gorontalo

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Arotonang (kiri) dan Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie saat memberikan keterangamn pers di Manado, Jumat (20/9) (ANTARA/HO-Pendam XIII/Mdk)

"Dengan kehadiran satuan-satuan baru TNI di Wilayah Gorontalo, kita sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan," ujar Rusli Habibie.
Palu (ANTARA) - Pendam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menerima Gubernur Gorontalo H Rusli Habibie di Ruang Yudha Makodam XIII/Mdk, Manado, Jumat (20/9), yang antara lain membicarakan rencana pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) di Gorontalo.

"Saya dan Gubernur Gorontalo berkomitmen untuk secepatnya membangun Sekolah Calon Bintara di Provinsi Gorontalo," kata Pangdam seperti dikutip dari siaran pers Pendam XIII/Merdeka, Jumat.

Pangdam kepada jurnalis usai pertemuan itu menjelaskan pola pembangunan Secaba tersebut adalah berbentuk hibah dimana Pem,prov Gorontalo bersama pemerintah kabupaten/kota se-provinsi penghasil jagung itu menyiapkan lahan serta anggaran pembangunan gedungnya.

Kodam XIII Merdeka memiliki wilayah tugas meliputi Provinsi Sulut, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Terkait gelar kekuatan TNI di jajaran Kodam XIII/Mdk ini, Pangdam dan Kasad akan membangun satuan baru di wilayah ini, yang pertama adalah pembangunan Secaba di Gorontalo, meningkatkan status Detasemen Zeni di Sulawesi Utara menjadi Batalyon dan satu Kompi Zeni nanti akan berada di Daerah Boalemo, Gorontalo.

TNI AD juga akan membangun Markas Kodim di semua kabupaten dan Kota di Gorontalo yang diharapkan bisa terealisasi tahun 2020. Saat ini, baru ada 3 Kodim di provinsi ini, setelah setahun sebelumnya merealisasikan pendirian Korem 133/Nani Warta Bone Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan dengan adanya Kodam XIII/Merdeka, Gorontalo akhirnya memiliki Korem 133/Nani wartabone yang telah melaksanakan ulang tahunnya yang pertama pada 2019 ini, yang disusul lahirnya dua Kodim baru sehingga kini sudah ada 3 Kodim.

"Dengan kehadiran satuan-satuan baru TNI di Wilayah Gorontalo, kita sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan," ujar Rusli Habibie.
 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar