Peringati WCD 2019, ratusan milenial bersihkan kawasan eks tsunami Teluk Palu

id Palu,Kota Palu,Sulteng,Pasigala

Peringati WCD 2019, ratusan milenial bersihkan kawasan eks tsunami Teluk Palu

Sejumlah anak-anak muda atau milenial memungut sampah di pesisir Teluk Palu yang dihantam tsunami di kawasan Teluk Palu , Kelurahan Talise. Aksi bersih-bersih sampah tersebut dilakukan ratusan milenial dalam rangka memperingati World Cleaningup Day (WCD) 2019 di Sulawesi Tengah yangv dipusatkan di Kota Palu, Sabtu (21/9). (ANTARA/Muhammad Arsyandi)

Kami berharap kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya sebatas seremonial dan hanya hari ini saja, tapi terus dilakukan secara berkelanjutan
Palu (ANTARA) - Ratusan anak muda atau milenial memperingati World Cleaningup Day (WCD) 2019 atau Hari Pembersihan Dunia 2019 dengan membersihkan kawasan eks tsunami di Teluk Palu, Sabtu.

Ratusan milenial tersebut tergabung dalam puluhan komunitas peduli lingkungan dan sosial, organisasi kemahasiswaan dan masyarakat umum yang memungut berbagai jenis sampah di kawasan pesisir Pantai Talise hingga penggaraman mulai pukul 08.00 WITA.

"Kami berharap kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya sebatas seremonial dan hanya hari ini saja, tapi terus dilakukan secara berkelanjutan,"kata Leader WCD 2019 Indonesia Wilayah Sulawesi Tengah, Ruri Septiani sebelum melepas peserta aksi WCD 2019 yang berkumpul di Lapangan Abadi, Kelurahan Talise, Kota Palu.

Tujuan kegiatan tersebut, menurutnya, untuk mengedukasi dan menumbuhkan rasa kepedulian dan cinta dalam diri masyarakat Kota Palu dan seluruh daerah di Sulteng akan pentingnya membersihkan lingkungan dari sampah yang merusak ekosistem alam dan bumi.

"Dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat . Kegiatan bersih-bersih dalam rangka memperingati World Cleaningup Day di Palu sudah memasuki tahun ke dua,"ujarnya.

Salah satu peserta yang juga Ketua Jurusan Farmasi Universitas Tadulako, Sulaiman Zubair sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh anak-anak muda Palu dan sejumlah kabupaten di Sulteng itu.

"Ini sebagai pembelajaran kepada mahasiswa dalam hal kegiatan sosial ke masyarakat. Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan sifat dan sikap memperhatikan dalam dan menjaga lingkungan,"terangnya.

Ia juga tidak ingin aksi bersih-bersih tersebut hanya dilakukan saat itu saja, tapi dapat diimplementasikan oleh seluruh peserta aksi dan masyarakat kapanpun dan di manapun.

Masyarakat yang didominasi pemuda dan remaja tampak antusias memungut berbagai jenis sampai di sekitar kawasan Teluk Palu dan di pesisir Teluk Palu yang dihantam tsunami 2018 lalu.
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar