NasDem buka pendaftaran bacabup enam kabupaten di Sulteng

id NASDEM,Pilkada Serentak,Pilkada Sulteng,Pilkada 2020

NasDem buka pendaftaran bacabup enam kabupaten di Sulteng

Ketua DPW NasDem Sulteng, Atha Mahmud didampingi Wakil Ketua Bappilu Fesrry Anwar memberi keterangan kepada wartawan, di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Untuk Kabupaten Tojo Unauna, NasDem tidak membuka pendaftaran bakal calon bupati
Palu (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tengah mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati untuk enam kabupaten yang akan melangsungkan pemilihan kepala daerah serentak 2020.

"Pendaftaran bakal calon dibuka untuk enam kabupaten di Sulawesi Tengah," kata Ketua DPW NasDem Sulteng, Atha Mahmud, di Palu, Senin (23/9).

Di Sulteng terdapat delapan daerah kabupaten/kota yang akan melangsungkan pemilihan bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Tojo Unauna.

Namun, kata Atha, dari delapan daerah yang melangsungkan pilkada tersebut, Nasdem hanya membuka tujuh pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati.

"Untuk Kabupaten Tojo Unauna, NasDem tidak membuka pendaftaran bakal calon bupati," sebut Atha.

Hal itu kata dia, karena NasDem telah memiliki kader yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 untuk Kabupaten Tojo Unauna. 

Baca juga : NasDem gandeng PDIP menangkan Ahmad Ali di pilkada Sulteng
Baca juga : Nasdem ingin PDIP pengusung utama Ahmad Ali di Pilkada Sulteng

Saat ini kepala daerah di Tojo Unauna dijabat oleh kader NasDem yakni Muhammad Lahay.

NasDem menjadi partai pemenang hasil pemilihan legislatif 2019 sehingga NasDem meraih kursi Ketua DPRD Kabupaten Tojo Unauna.

Karena itu, NasDem tidak membuka peluang bagi kader partai lain, maupun non partai. Karena telah memiliki kader yang diusung.

"Kalau kami buka, nanti kawan-kawan yang mendaftar akan menyesal. Karena kami hanya akan mengusung kader NasDem," sebut dia.

Ia mengatakan, NasDem serentak secara nasional hari ini (Senin, 23/9) membuka pendaftaran bacabup, bacawali dan bacagub se-Indonesia.

Pembukaan pendaftaran itu bertajuk NasDem memanggil putera dan puteri terbaik bangsa Indonesia dengan mengedepankan politik tanpa mahar.

"Dalam pembukaan pendaftaran ini, tidak ada syarat administrasi yang ribet. Kami sepenuhnya menyerahkan kepada KPU yang nantinya akan melakukan verifikasi administrasi kandidat," kata Atha.

Baca juga : Bupati Tojo Una-una dapat sanksi dari NasDem

Lanjut dia, terkait pendaftaran itu, NasDem merekomendasikan delapan lembaga survey yang diakui oleh KPU dapat digunakan oleh bakal calon, antara lain, Indikator, Carta Politika, Indoriset, JSI, Riset Centre Media Group.

"NasDem hanya merekomendasikan lembaga survey tersebut. Tidak menjadi penghubung atau memediasi antara kandidat dengan lembaga survey. Jadi, NasDem tidak mematok satu lembaga survey tertentu," ujar Atha.

Pengumuman dibukanya pendaftaran dan pendaftaran dimulai 23 September dan berakhir 23 Oktober 2019. Kemudian, 24 - 31 Oktober pemaparan visi dan misi serta strategi bakal calon. Tanggal 1-5 November 2019 pleno DPD dan DPW NasDem terkait hasil pendaftaran.