Kapolres Banggai imbau masyarakat bantu cegah karhutla

id Karhutla ,Kapolres Banggai,Luwuk

Kapolres Banggai imbau masyarakat bantu cegah karhutla

Kapolres Banggai Moch Sholeh membagikan sembako kepada warga dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Bualemo, Senin (23/9/2019). (ANTARA/STEVEN PONTOH)

Luwuk (ANTARA) - Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh menghimbau masyarakat Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah agar ikut membantu untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Jika ada kebakaran hutan di wilayah, saya harap bapak-ibu bisa segera melapor ke pemerintah setempat, polisi atau TNI agar segera disikapi,” kata Sholeh saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bualemo, Senin.

Kapolres menjelaskan kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Nuhon dan Bunta diduga kuat akibat pembuangan puntung rokok sembarangan.

“Tolong dijaga hutan kita. Jangan buang puntung rokok sembarang. Jika menemukan titik asap segera beritahu kepada kami, aparat desa dan lainnya. Kebakaran hutan merusak ekosistem, hutan dan masa depan anak cucu kita,” jelasnya.

Baca juga: GP Ansor: Layanan kesehatan penting bagi korban dampak karhutla
Baca juga: Kapolritelah bentuk tim awasi jajaran tangani Gakkum Karhutla


Untuk para petani, Kapolres berharap juga diharapkan agar tidak melakukan pembersihan kebun dengan cara dibakar. Menurutnya, pembakaran di musim kemarau ini akan dapat memicu terjadinya kebakaran hutan, jika tidak dikontrol dengan baik.

“Oleh karena itu diingatkan agar kita semua bisa menjaga hutan dengan tidak melakukan pembakaran kebun,” harap Kapolres.

Kapolres, anggota Polres Banggai, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat turut melakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Bualemo. 

Selain pemadaman api di lahan warga, dalam kunjungan kerja tersebut Kapolres Sholeh juga melakukan bhakti sosial dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan bagi-bagi sembako. **