Putin Bilang Thatcher adalah Sosok Cemerlang

id putin, Thatcher

Putin Bilang Thatcher adalah Sosok Cemerlang

Margaret Thatcher (REUTERS/Luke MacGregor)

Dia sangat jeli, lugas dan konsisten. Figur politisi yang hebat,".
Amsterdam, Belanda (antarasulteng.com) - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan penghormatan terakhir untuk mendiang mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, dengan mengungkapkan kenangan akan wanita itu sebagai sosok yang cemerlang dan jeli. 

Thatcher yang mendapat banyak sanjungan karena perannya di perang dingin, "tidak diragukan lagi sebagai politisi paling cemerlang di era kontemporer," kata Putin, saat bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dalam kunjungannya ke Amsterdam, Senin waktu setempat, lapor AFP.

"Dia telah meninggalkan kesan yang mendalam. Dia sangat jeli, lugas dan konsisten. Figur politisi yang hebat," kata pemimpin Rusia itu mengenang Thatcher yang meninggal pada usia 87, Senin.

Putin mengingat kontribusi Thatcher terhadap hubungan Anglo-Uni Soviet. Hal itu menurutnya akan selalu terkenang.

"Saya akan selalu mengenang dirinya," ujarnya.

Selama jabatannya pada dekade 80-an, Thatcher membangun hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan yang membantu perjuangan menutup "tirai" komunisme di Uni Soviet.

Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev, yang memiliki hubungan baik dengan Thatcher saat mengakhiri perang dingin Eropa, mengatakan sosok "wanita besi" itu akan terus hidup dalam pemikiran dan kenangan.