Wagub ajak masyarakat rawat keragaman dalam NKRI

id Sultebg,Sulteng,Pemprov Sulteng,Palh,Palu

Wagub ajak masyarakat rawat keragaman dalam NKRI

Gubernur Sulteng, Rusli Baco Dg Pallabi (ke dua dari kiri) menyanyikan lagu indonesia rayat dalam acara rapat koordinasi lintas stakeholder dengan tema 'Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI" di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng di Palu, Selasa (1/10). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng

Sulteng merupakan salah satu bagian integral yang tidakterpisahkan dari NKRI yang juga memiliki keanekaragaman suku, bahasa, budaya dan agama dalam menjalani kehidupan sosialnya
Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Baco Dg Pallabi mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik individu maupun yang tergabung dalam organisasi, kelompok maupun forum kepemudaan, masyarakat hingga agama untuk menjaga keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mari kita rawat keberagaman dan perbedaan dalam nuansa kebhinekaan serta bermusyawarah mencari solusi agar kehidupan berbangsa dan bernegara kita tetap terjaga dan terpelihara dalam bingkai kebhinekaan di NKRI," katanya saat menyampaikan sambutannya saat membuka rapat koordinasi lintas stakeholder dengan tema "Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI" di Palu, Selasa.

Menurutnya, kebhinekaan merupakan realitas bangsa yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya dan merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi rakyat di NKRI.

Oleh sebab itu, kebhinekaan harus dimaknai melalui pemahaman multikulturalisme dengan berlandaskan kekuatan spiritualitas, perbedaan etnis, religi maupun ideologi dan toleransi menjadi perekat untuk bersatu dalam kemajemukan sehingga perdamaian dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara dapat terawat.

"Sulteng merupakan salah satu bagian integral yang tidakterpisahkan dari NKRI yang juga memiliki keanekaragaman suku, bahasa, budaya dan agama dalam menjalani kehidupan sosialnya," terangnya.

Baca juga : Gubernur Sulteng: KEK Palu tidak masuk zona merah

Keberagaman dalam perbedaan di Sulteng, lanjutnya dapat terus terjaga dan terawat jika seluruh pihak mempunyai komitmen untuk terus memelihara dan mengelola dengan tepat persatuan antar masyarakat sehingga menjadi modal kekuatan untuk membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera.

"Marilah kita terus berupaya agar suasana kondusif terus terjaga dan tetap waspada terhadap berbagai kerawanan sosial yang dapat merusak tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan. Mari kita bersama-sama mengintensifkan koordinasi dan kerjasama lintas stakeholder antara pemda dengan pihak keamanan, unsur masyarakat serta forum kemasyarakatan lainnya," ajaknya.

Ia juga mengajak dan mengimbau seluruh pihak untuk sama-sama mendeteksi dan mengantisipasi sedini mungkin ancaman-ancaman tersebut, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Sulteng.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar