Raih WTP lima tahun berturut-turut, Pemkot Palu dapat penghargaan

id Palu,Kota Palu,Pasigala

Raih WTP lima tahun berturut-turut, Pemkot Palu dapat penghargaan

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tengah, Irfa Ampri (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kapada Pemkot Palu yang diterima Wali Kkta Palu, Hidayat (tengah) atas capaian opini WTP atas LKPD Kota Palu sepanjang lima tahun berturut-turut sejak 2014 hingga 2018 di ruang kerja Wali Kota Palu, Kantor Wali Kota Palu, Rabu (2/10). ANTARA/Muhammad Arsyandi

Penghargaan tersebut kami berikan atas capaian Pemkot Palu meraih opini WTP atas LKPD nya selama lima tahun berturut-turut sejak 2014 sampai 2018
Palu (ANTARA) - Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tengah mengapresiasi Pemerintah Kota Palu atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Palu yang berhasil diraih selama lima tahun berturut-turut.

Atas capaian tersebut, Menkeu Sri Mulyani Indrawati melalui Kepala Kanwil DJPb Sulteng, Irfa Ampri menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkot Palu yang diterima langsung oleh Wali Kota Palu, Hidayat di ruang kerja Wali Kota Palu, Kantor Wali Kota Palu, Rabu.

"Penghargaan tersebut kami berikan atas capaian Pemkot Palu meraih opini WTP atas LKPD nya selama lima tahun berturut-turut sejak 2014 sampai 2018," kata Kepala Kanwil DJPb Sulteng, Irfa Ampri usai menyerahkan penghargaan itu.

Baca juga : Pemkot Palu bangun ketahanan ekonomi korban bencana

Ia menjelaskan indikator raihan opini WTP atas LKPD dapat diraih, jika pemerintah daerah sanggup menyajikan LKPD yang sesuai dengan ketentuan dan telah melewati aturan yang ditetapkan oleh Kemenkeu RI.

Dalam hal ini Pemkot Palu sanggup memenuhi dan melewati alur tersebut sehingga sanggup meraih opini WTP atas LKPD Kota Palu selama lima tahun berturut-turut.

"Tapi bukan berarti LKPD nya meraih opini WTP setelah diperiksa oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI lantas tidak ada kesalahan. Ada kesalahan tapi tidak signifikan," ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Kota Palu lelang jabatan pimpinan tinggi pratama

Ia mengatakan selain memperoleh penghargaan, Kemenkeu akan memberikan bantuan kspada Pemkot Palu atas capaian tersebut. Namun ia tidak menyebut nominal bantuan yang akan diberikan atas capaian itu.

"Akan memberikan apresiasi, bisa dalam bentuk dana dalam DAK (Dana Alokasi Khusus) fisik, agar daerah itu makin baik dan pemerintah makin percaya,"sebutnya.

Sementara itu Wali Kota Palu dalam kesempatan itu berharap agar Kemenkeu tidak mengurangi porsi anggaran untuk Kota Palu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nanti dan dapat menambah porsi anggaran untuk ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

"Mengingat daerah kita baru saja dilanda bencana gempa, tsunami dan likeufaksi yang merusak berbagai sektor dan sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan daerah,"katanya.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar