F-PDIP dukung Bamsoet menjadi Ketua MPR

id Fraksi PDIP,MPR RI

F-PDIP dukung Bamsoet menjadi Ketua MPR

Jakarta, 29/9 (Antara) - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah memberikan pembekalan materi Empat Pilar MPR RI dan sosialiasi nilai-nilai kebangsaan kepada 711 anggota MPR RI terpilih periode 2019-2024, terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI pada Minggu 29 September 2019 bertempat di Gedung Nusantara IV Komplek MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu (29/9). ANTARA/HO MPR

Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR
Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah mengatakan partainya akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar menjadi  calon Ketua MPR

Menurut dia, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila yang salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan setelah seluruh fraksi di MPR dan Kelompok DPD RI punya perwakilan di Pimpinan MPR, maka dasar penentuan menjadi Ketua MPR adalah dengan pertimbangan partai memperoleh suara terbanyak di Pemilu 2019.

Hal tersebut menurut dia, sama dengan mekanisme penentuan jabatan Ketua DPR RI. Namun partainya meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila tidak menganut prinsip "pemenang pemilu mengambil semua".

"Karena itu, kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," ujarnya.

Dia mengatakan, ada syarat dukungan yang disampaikan PDI Perjuangan kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar pada saat pertemuan musyawarah antar Pimpinan Fraksi MPR pada Rabu (2/10).

Menurut dia, PDI Perjuangan meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari pemungutan suara atau "voting".

"PDI Perjuangan mempersilahkan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat," katanya.

Kedua menurut dia, PDI Perjuangan meminta kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar untuk berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi sampai akhir masa jabatan tahun 2024, sesuai konstitusi.

Ketiga, PDI Perjuangan meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk menghadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR.

"Kami meminta untuk melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang digagas HM Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas pembinaan ideologi bangsa," ujarnya.