Kemenag Sulteng luncurkan PTSP di Ampana

id Kemenag Sulteng, sistem PTSP

Kemenag Sulteng luncurkan PTSP di Ampana

Kepala kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulawesi Tengah Rusman Langke (Batik tengah) berpose bersama dengan pejabat Kementerian Agama Tojo UnaUna serta pemerintah daerah setempat usai peluncuran sistem pelayanan terpadu satu pintu, di Ampana, Jumat (4/10/2019). ANTARA/HO-Kemenag Sulteng

Ini upaya kami meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup Kementerian Agama sebagai salah satu instansi vertikal pemerintah dalam rangka melayani  kepentingan umat beragama
Palu (ANTARA) - Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah kembali meluncurkan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna.

Kepala Kantor Kemenag Sulteng Rusman Langke, di Ampana, Jumat mengatakan peluncuran sistem PTSP merupakan yang ke delapan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. 

Rencananya, tahun 2019 kantor Kemenag dari 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng akan menerapkan sistem tersebut untuk menjawab perkembangan sistem teknologi informasi elektronik. 

"Sebagaimana amanat reformasi birokrasi tentang delapan area perubahan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah menjadi kewajiban kita untuk mengimplementasikannya,"jelas Rusman. 

Menurutnya, guna mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, murah, transparan, pasti dan terjangkau maka terintegrasi dalam sistem pelayanan terpadu satu pintu untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan informasi. 

Kemenag, katanya, selalu dinamis melakukan berbagai inovasi, mulai dari manajemen perubahan penataan dan penguatan organisasi, kemudian penataan tentang peraturan dan perundang-undangan terhadap pelayanan kepada umat beragama.

Selain itu juga pelayanan sumber daya manusia (SDM)  serta penguatan pengawasan dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

"Ini upaya kami meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup Kementerian Agama sebagai salah satu instansi vertikal pemerintah dalam rangka melayani  kepentingan umat beragama,” katanya. 

Dia menilai, kehadiran sistem PTSP di kabupaten itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada umat beragama di Kabupaten Tojo Unauna.

Pada peluncuran sistem tersebut turut dihadiri mantan Bupati Tojo Unauna, Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkoponda), Majelis Ulama Indonesia serta tokoh dan pemangku kepentingan di kabupaten tersebut.***