Masyarakat Palu antusias saksikan perayaan HUT TNI

id Masyarakat, antusias, HUT

Masyarakat Palu antusias saksikan perayaan HUT TNI

Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf. Agus Sasmita, saat memimpin upacara dan meninjau pasukan. (ANTARA/Sulapto Sali).

Jalanilah setiap tugas secara iklas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan bernegara tercinta ini
Palu (ANTARA) - Masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah antusias menyaksikan pelaksanaan perayaan HUT TNI ke-74, di Mayonif 711/Rks Palu, Sabtu.

“Sengaja saya ajak dua anakku kemari untuk melihat acara HUT TNI ini, biar anak-anak bisa melihat langsung bagaimana TNI atau Polri. Karena acara HUT TNI semua tergabung kesatuan, termasuk Polri,” kata Asmawi (41), warga Kota Palu, di sela-sela menyaksikan acara difile, salah satu rangkaian acara HUT TNI ke-74 di Palu.

Bapak dua anak itu katakan, dengan momen HUT TNI ini juga jadi momen yang tepat untuk memperlihatkan bagaimana TNI-Polri kepada anaknya dalam menjalankan tugas dan peralatan yang digunakan.

“Yang datang menyaksikan HUT TNI ini bukan hanya saya dan anak-anak, tetapi banyak juga masyarakat lain, lihat saja sendiri masyarakat yang banyak ini,” katanya.
 
Masyarakat saat menyaksikan Difile perayaan HUT TNI yang ke-74 di jalan Emi Saelan, depan Mayonif 711/Rks Palu, Sabtu (5/10).(ANTARA/Sulapto Sali)

Personel TNI saat menampilkan kemampuan bela dirinya diperayaan HUT TNI yang ke-74 di Lapangan Mayonif 711/Rks Palu, Sabtu (5/10).(ANTARA/Sulapto Sali)

Sementara itu Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf. Agus Sasmita, saat memimpin upacara membacakan amanat Panglima TNI, mengingatkan perkembangan dunia dan kemajuan teknologi yang sangat berguna dan berdampak bagi kehidupan manusia.

“Sebagai salah satu contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” katanya.

Konsep itu telah mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena terjadi di masa damai.

“Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya,” katanya.

Baca juga : Gubernur : Bersama TNI, Sulteng kuat dan bangkit hadapi bencana

Karenanya, kata Danrem 132/Tadulako ini, perkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan solidaritas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan masyarakat, agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

“Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian komplek,” katanya.

Kemudian, katanya, sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif.

“Jalanilah setiap tugas secara iklas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan bernegara tercinta ini,” tandasnya.

Dalam perayaan HUT yang ke-74 ini, TNI di Sulteng menampilkan sejumlah acara diantaranya kemampuan bela diri dan kekuatan pasukan peralatan tempur serta sejumlah kegiatan lainnya.***