INNOPA akan gelar ajang penemu muda Indonesia

id TMII

INNOPA akan gelar ajang penemu muda Indonesia

Gapura replika burung Garuda Pancasila di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi promosi inovasi dan penemuan Indonesia atau "Indonesian Invention and Innovation Promotion Association" (INNOPA) akan menggelar ajang penemu muda Tanah Air di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 9 hingga 12 Oktober 2019.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para inovator yang telah menciptakan produk inovasi baik di bidang teknologi, sains, pertanian, pendidikan dan lainnya, ujar Direktur Kemitraan Internasional INNOPA, Megaria Agustina, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan ajang "Indonesia Inventors Day" terdiri dari dua kegiatan yaitu The 6th International Young Inventors Award (IYIA) dan The 2nd World Invention Technology Expo (WINTEX).

Sebelumnya, IYIA dan WINTEX 2018 sukses digelar di Bali dengan menghadirkan lebih dari 3.000 inovator.

Pada tahun ini, IYIA dan WINTEX akan diikuti peseta dari 15 Negara diantaranya Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Korea, Japan, Mesir, India, Sri Lanka, Polandia, Arab Saudi, Kroasia, Kanada, dan Amerika Serikat. Jumlah inovasi yang dihadirkan sebanyak 250 karya dari Indonesia serta internasional.

INNOPA sebagai asosiasi promosi inovasi di Indonesia, tambah dia mendukung penuh para inovator untuk dapat memperkenalkan hasil penemuan kepada dunia melalui pameran dan kompetisi inovasi yang akan digelar.

Acara IYIA dan WINTEX 2019 di dukung oleh berbagai lembaga pemerintah dan juga organisasi dunia yakni Kemenristekdikti, Kemendikbud, Kemenkumham, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Tenaga Nuklir Nasional, World Intellectual Property Organization (WIPO), Swiss Contact, International Federation of Inventors Association, World Invention Intellectual Property Association, dan TMII.

Acara ini terbuka untuk umum, yang ingin melihat berbagai karya inovasi anak anak Indonesia serta Internasional.

Selain acara pameran dan kompetisi Inovasi, para peserta dan pengunjung bisa menghadiri diskusi mengenai inovasi dengan narasumber inovator muda Tanah Air dan intenasional.