Tiga Pimpinan DPRD Banggai diambil sumpah

id BANGGAI,DPRD BANGGAI,BUPATI BANGGAI

Tiga Pimpinan DPRD Banggai diambil sumpah

Suasana pengambilan sumpah jabatan tiga pimpinan DPRD Banggai di Luwuk, Senin (ANTARA/Stevan Pontoh)

Kami mengharapkan dukungan masyarakat dalam menjalankan tugas, kata Suprapto
Palu (ANTARA) - Tiga pimpinan DPRD Banggai periode 2019-2024 diambil sumpah jabatannya oleh Kepala Pengadilan Negeri Luwuk, Achmad Suheil Nadjil SH, MH, di ruang sidang paripurna DPRD Banggai di Luwuk, Senin.

Ketiga pimpinan tersebut ialah Suprapto selaku Ketua DPRD, Batia Sisilia Hadjar sebagai Wakil Ketua I, dan Syamsulbahri Mang sebagai Wakil Ketua II.

Usai diambil sumpahnya, ketiga pimpinan dewan langsung menempati kursi pimpinan bersama Bupati Banggai Herwin Yatim.

Di hadapan tamu undangan dan 32 legislator lainnya, Ketua DPRD Suprapto mengemukakan setelah terlaksananya pelantikan pimpinan DPRD Banggai definitif maka tidak ada alasan lagi bagi para legislator untuk tidak melaksanakan tugasnya. 

Terutama dalam menjalankan amanah rakyat sesuai trifungsi Lembaga Legislatif yakni; fungsi legislasi atau membuat undang-undang, kedua fungsi anggaran, dalam hal ini sebagai lembaga yang berhak menetapkan APBD. Serta fungsi pengawasan, dalam hal ini melakukan pengawasab terhadap pemerintahan dalam menjalankan undang-undang.

"Saya berharap dalam menjakankan tugas ke depan, kami tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat," terang Suprapto, saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Bupati Banggai Herwin Yatim saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengungkapkan harapan pemerintah agar pimpinan terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik. Serta mampu bersineri dengan eksekutif dalam mewujudkan pembangunan di daerah, sesuai tugas dan fungsinya berdasarkan amanat undang-undang.

Usai pengambilan sumpah jabatan, kegiatan para legislator akan berlanjut pada penentuan alat kelengkapan dewan. Pada kegiatan ini, rapat diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.