Pasar tradisional Desa Ogoalas terbantu kehadiran TMMD

id Tmmd, kodim 1306/donggala, parigi moutong

Pasar tradisional Desa Ogoalas terbantu kehadiran TMMD

Personel TNI berjalan di antara lapak pedagang di pasar tradisional Desa Ogoalas, Kecamatan Tinombo, Parigi Moutong, Senin (7/10/2019). Desa Ogoalas merupakan salah satu dari dua desa di kecamatan itu uang menjadi sasaran penbangunan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). ANTARA/HO-Kodim 1306/Donggala

Disinilah terjadi pertukaran uang atau jual beli yang bisa menguntungkan masyarakat setempat dalam artian masuknya TMMD paling tidak bisa memberikan berkah bagi warga setempat
Parigi (ANTARA) - Pasar tradisional Desa Ogoalas Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terbantu dengan kehadiran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di kabupaten itu. 

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1306/Donggala Mayor Inf Iko Power saat meninjau progres kegiatan TMMD,  di Tinombo, Parigi Moutong, Senin mengatakan kehadiran prajuritnya di desa tersebut ikut membantu peningkatan ekonomi pedagang.

"Personel kami berbelanja di pasar mini membeli kebutuhan mereka seperti bahan pokok dan perlengkapan lainnya, itu artinya secara tidak langsung membantu perputaran ekonomi di Desa Ogoalas yang merupakan salah satu desa sasaran TMMD, " ujar Iko. 

Desa Ogoalas merupakan salah satu desa tersulit dalam program kemanunggalan di Parigi Moutong, dimana akses menuju wilayah tersebut hanya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua serta jarak dari ibu kota kecamatan cukup jauh sehingga aktivitas jual beli hanya terpusat di pasar mini tersebut untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

Dia menjelaskan, pasar kecil itu juga melayani dusun-dusun di sekitar desa tersebut termasuk Desa Patingke. Wilayah-wilayah ini masuk dalam kategori desa terpencil karena berada di atas gunung yang jarak tempuhnya mencapai belasan hingga puluhan kilometer dari Ibu Kota Kecamatan Tinombo. 

"Disinilah terjadi pertukaran uang atau jual beli yang bisa menguntungkan masyarakat setempat dalam artian masuknya TMMD paling tidak bisa memberikan berkah bagi warga setempat," kata Iko menambahkan. 

Baca juga : Satgas TMMD mulai bangun kantor tiga pilar di desa Ogoalas
Baca juga : Distribusi material ke lokasi sasaran TMMD gunakan alat manual

Program TMMD yang digagas Kodim 1306/Donggala bekerja sama pemerintah daerah setempat menyasar tiga desa sasaran yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas. 

Dari tiga sasaran dua desa diantaranya tersulit karena distribusi bahan baku dan material hanya bisa diangkut menggunakan sepeda motor. 

"Kita ingin hasil dari program TMMD bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, meskipun apa yang kami lakukan baru sebagian kecil," kata dia. 

TMMD ke-106 mendorong pembangunan infrastruktur melalui pekerjaan fisik diantaranya pengembangan infrastruktur jalan, pembangunan 28 jamban permanen serta pembangunan kantor tiga pilar. 

Sedangkan kegiatan non-fisik antara lain penyuluhan peningkatan wawasan kebangsaan, bela negara, pencegahan paham radikal serta penyuluhan kamtibmas melibatkan kepolisian setempat termasuk pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan anak.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar