Indonesia sangat mengapresiasi konsistensi Belanda hormati kedaulatan RI

id jokowi mark rutte,indonesia-belanda,kedaulatan indonesia, antaranews.com

Indonesia sangat mengapresiasi konsistensi Belanda hormati kedaulatan RI

Presiden Jokowi dan PM Belanda Mark Rutte menyampaikan pernyataan bersama usai pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019). (Agus Salim)

Sebagai penutup saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Belanda yang secara konsisten tegas menghormati kedaulatan negara Republik Indonesia
Bogor (ANTARA) - Pemerintah Indonesia mengapresiasi konsistensi dan ketegasan Belanda menghormati kedaulatan RI hingga saat ini.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pernyataan pers bersama PM Belanda Mark Rutte menyampaikan apresiasi itu di akhir pernyataannya.

"Sebagai penutup saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Belanda yang secara konsisten tegas menghormati kedaulatan negara Republik Indonesia," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

Pada awal pernyataannya, Jokowi mengatakan merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kembali kunjungan PM Mark Rutte beserta delegasi ke Indonesia.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk menerima kembali kunjungan PM Rutte ke Indonesia, setelah kunjungan beliau ke Jakarta tiga tahun lalu (2016)," katanya.

Jokowi mengatakan Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, baik di bidang perdagangan, investasi maupun pariwisata.

"Dan di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan nomor dua terbesar, dan mitra investasi nomor satu, dan mendatangkan wisatawan nomor empat terbesar dari Eropa," kata Jokowi.

Dalam pertemuan itu Presiden Jokowi tampak didampingi antara lain oleh Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menlu Retno Marsudi, Kepala BNPT Suhardi Alius.

Baca juga: Presiden Jokowi: Belanda mitra investasi terbesar dari Eropa