Panglima TNI fasilitasi pengungsi kembali ke Wamena

id Panglima TNI, fasilitasi, pengungsi, kembali, ke Wamena

Panglima TNI fasilitasi pengungsi kembali ke Wamena

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan), Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kedua kiri belakang) tiba di Bandara Pangkalan TNI AU Papare Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (8/10/2019). Kunjungan tersebut untuk memastikan situasi yang aman dan kondusif di Wamena pasca kerusuhan pada 23 September 2019. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/foc.

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan memfasilitasi warga yang mengungsi ke beberapa lokasi di Papua untuk kembali ke Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU).

Panglima TNI mengatakan hal itu saat menyambangi pengungsi Wamena, seperti dikutip dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Pasca kerusuhan di Wamena pekan lalu, ribuan warga Wamena mengungsi ke beberapa lokasi di Papua, termasuk di antaranya Jayapura.

Panglima TNI bersama Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menkes Nila F Moeloek dan Mensos Agus Gumiwang, menyambangi pengungsi yang berada di Posko Lanud Silas Papare, Sentani Jayapura, Papua, pada Rabu ini.

Saat ini situasi Wamena mulai berangsur pulih, namun hingga Rabu pagi ini ada 152 orangt pengungsi yang masih bertahan di Posko Lanud Silas Papare, mereka menyampaikan ke Panglima TNI dan Menko Polhukam agar TNI selalu menjaga keamanan di Wamena.

Baca juga: Kapolda Papua: kasus kerusuhan Wamena bukan kasus SARA
Baca juga: 116 warga Ilaga kembali mengungsi ke Timika
Baca juga: Masyarakat asli Jayawijaya bantu pengungsi