Bupati Sigi: himbau warga tetap waspada bencana alam

id bupati, sigi,imbau

Bupati Sigi: himbau warga  tetap waspada  bencana alam

Bupati Irwan Lapata buka kongres Forum Pengurangan Risiko Bencana di Desa Bora, Rabu. (Antara/Anas Masa)

Beberapa wiilayah di Sigi sering dilanda bencana banjir dan longsor ketika intensitas curah hujan tinggi, karena memang daerah ini banyak sungai kecil, sedang dan besar dan juga kondisi tanah labil
Sigi (ANTARA) - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta mengimbau warganya untuk tetap waspada terhadap bencana alam karena daeranya itu termasuk rawan banjir dan tanah longsor saat musim hujan.

"Beberapa wiilayah di Sigi sering dilanda bencana banjir dan longsor ketika intensitas curah hujan tinggi, karena memang daerah ini banyak sungai kecil, sedang dan besar dan juga kondisi tanah labil," katanya di Sigi, Sulawesi Tengah, Senin.

Sementara di satu sisi, beberapa permukiman penduduk ada di dekat sungai, sehingga perlu waspada, sebab sewaktu-waktu ketika terjadi banjir dapat mengancam keselamatan jiwa dan harta benda warga.

Bencana alam yang beberapa kali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi seperti di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Omu, Tuva,Salua dan Sadaunta di Kecamatan Gumbasa dan Kulawi beberapa waktu lalu yang menimbulkan kerusakan besar, termasuk pada infranstruktur jalan dan jembatan tersebut perlu tetap diwaspadai oleh warga.

Bupati Sigi menambahkan dalam beberapa hari ini hujan terus mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Sigi setelah selama beberapa bulan terakhir dilanda musim kemarau yang telah berdampak terhadap sektor pertanian, dimana banyak tanaman seperti jagung dan komoditas pangan lainnya mati kekeringan dan menimbulkan kerugian besar bagi petani.

Dia mengatakan sekarang ini tampaknya musim hujan mulai tiba dan musim panas berakhir sehingga perlu warga mengantisipasinya dengan tetap siaga, terutama yang permukimannya berada di bantaran sungai.

Pemerintah pusaat, provinsi dan Kabupaten Sigi, kata Bupati Irwan sedang melakukan berbagai upaya mencegah banjir di sejumlah wilayah permukiman warga di Kabupaten Sigi.

Seperti yang sementara dilakukan yakni pembangunan bronjong di Sungai Tuva dan juga normalisasi sungai di Bangga, Kecamatan Dolo Selatan.
"Kita berharap pekerjaan normalisasi aliran sungai di beberapa wilayah di Sigi bisa berjalan lancar dan selasai sesuai waktu yang sudah ditetapkan," ujar Bupati Irwan.

Baca juga: Pemkab Sigi bangun ekonomi rakyatnya melalui peternakan
Baca juga: Upaya Pasigala cegah banjir musim hujan pascagempa