Raih opini WTP lima tahun berturut-turut, Gubernur Sulteng terima penghargaan Menkeu

id Kanwil Ditjen Perbendaharaan,Gubernur Sulteng,Opini WTP,BPK

Raih opini WTP lima tahun berturut-turut, Gubernur Sulteng terima penghargaan Menkeu

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng Irfa Ampri (pakai batik) menyerahkan plakat penghargaan dari Menkeu kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola di Palu, Senin (14/10) atas keberhasilan meraih Opini WTP lima kali berturut-turut atas LKPD Pemprov Sulteng 2014 s/d 2018 disaksikan Ketua Sementara DPRD Sulteng Ny. Nilam Sari . (ANTARA/HO-Pemprov Sulteng)

Menkeu memberi penghargaan karena meskipun tertimpa bencana besar, namun LKPD Pemprov Sulteng 2018 tetapi mampu meraih Opini WTP dari BPK
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si didampingi Wakil Gubernur H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos, MH dan Pjs. Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Hj. Nilam Sari menerima Piagam Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2018 dan Plakat Capaian Opini WTP 5 (lima) kali berturut-turut dari Menteri Keuangan RI.

Piagam dan plakat itu diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah Irfa Ampri Phd di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin (14/10).

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Tengah Irfa Ampri atas nama Menkeu memberikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada Pemprov Sulawesi Tengah atas capaian Opini WTP selama lima kali berturut-turut.

Menurut Irfa, tidak semua daerah dapat meraih prestasi ini, apalagi Provinsi Sulawesi Tengah khususnya, Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong (Padagimo), dilanda bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi pada 28 September 2019.

Ia berharap capaian prestasi ini dapat dipertahankan serta dilanjutkan pada tingkat kabupaten/kota sebagai wujud tanggung jawab kepada rakyat. 

Pihak Kementerian Keuangan siap menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan menyediakan tim assesment serta memberikan dukungan untuk menghasilkan laporan keuangan yang lebih baik lagi, ujarnya.

Baca juga: Bupati Banggai terima penghargaan Menkeu
Baca juga: Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulteng 'rebut kembali' rumah dinas yang dikuasai eks pegawai


Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada DPRD, BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah dan Pimpinan OPD atas kerja samanya dalam meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan daerah demi terwujudnya  tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

"Dengan rasa bangga dan tulus kami mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah memfasilitasi penyerahan Piagam Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dan Plakat Capaian Opini WTP lima kali berturut-turut kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah," sebut gubernur.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun anggaran 2018 memperoleh opini WTP. Pencapaian ini berarti sudah yang ke-6 kalinya yakni tahun 2012, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018 serta pencapaian yang ke-5 kalinya secara berturut-turut yakni tahun 2014 sampai 2018.

Opini WTP, kata gubernur, bukanlah tujuan akhir, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut digunakan sebagai masukan bagi perencanaan penganggaran selanjutnya, dan menjadi peta yang lengkap dalam penganggaran kegiatan yang dapat disinergikan sehingga tidak terjadi tumpang tindih antarkegiatan.

Untuk itu ia mengharapkan seluruh Pimpinan OPD agar mempunyai keinginan yang kuat dan bersama-sama melaksanakan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah yang  akuntabel dan transparan. (Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng)