Mendagri Lantik Penjabat Banggai Laut

id hidayat , lamakarate

Mendagri Gamawan Fauzi menyalami Penjabat Bupati Banggai Laut Moh Hidayat Lamakarate, usai pelantikan dan pengambilan sumpah 11 penjabat daerah otonom baru di Jakarta, Senin (22/4). (Foto :arfan/humasgubernur)

...seharusnya, ada 12 daerah baru yang akan diresmikan. Namun, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, belum selesai melakukan penunjukan penjabat bupati.
Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik dan mengambil sumpah penjabat Bupati Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Moh Hidayat Lamakarate di Jakarta, Senin.

Gamawan Fauzi juga melantik sembilan penjabat bupati dan seorang penjabat gubernur daerah otonom baru di Indonesia.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Sulawesi Tengah Andi Syahrul Yotolembah dari Jakarta, Senin malam, mengatakan, pelantikan Banggai Laut tersebut sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.72/2789 Tahun 2013.

Daerah otonom baru Banggai Laut berpisah dari Banggai Kepulauan dibentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 5/2013 tanggal 11 Januari 2013.

Gamawan juga meresmikan 11 daerah otonom daerah tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti.

Dengan diresmikannya Banggai Laut tersebut, jumlah kabupaten di Sulawesi Tengah menjadi 12 dan satu kota. Sementara Kabupaten Morowali Utara yang disetujui DPR RI sebagai daerah otonom baru pada 12 April 2013 belum memiliki penjabat bupati.

Gamawan Fauzi dalam sambutannya mengatakan 11 penjabat bupati dan gubernur tersebut agar menyusun dan menyampaikan laporan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah sekurang-kurangnya tiga bulan sekali.

Gamawan mengatakan seharusnya, ada 12 daerah baru yang akan diresmikan. Namun, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, belum selesai melakukan penunjukan penjabat bupati.

Adapun penjabat yang dilantik tersebut yakni Irianto Lamri sebagai Gubernur Kalimantan Utara, Tony Herbiansyah sebagai Bupati Kolaka Timur di Sulawesi Tenggara, Heri Amalindo sebagai Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) di Sumatera Selatan, Enjang Nafandi sebagai Bupati Pangandaran di Jawa Barat.

Arman Sangaji sebagai Bupati Pulau Taliabu di Maluku Utara, M.S. Ruslan sebagai Bupati Mahakam Ulu di Kalimantan Timur, Muhammad Hidayat sebagai Bupati Banggai Laut di Sulawesi Tengah, Heriyani sebagai Bupati Pesisir Barat di Lampung, Herman Naiulu sebagai Bupati Malaka di Nusa Tenggara Timur.

Dominggus Mandacan sebagai Bupati Pegunungan Arfak di Papua Barat dan Edi Budoyo sebagai Bupati Manokwari Selatan di Papua Barat.(SKD)
Pewarta :
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar