Wali Kota harap pembangunan jembatan Palu lima selesai tepat waktu

id Jembatan palu lima, Palu, wali kota

Wali Kota harap pembangunan jembatan Palu lima selesai tepat waktu

Wali Kota Palu Hidayat meninjau progrea pembangunan jembatan Palu lima yang menghububgkan wilayah Barat-Timur kota tersebut, Sabtu (18/10/2019). (ANATAR/HO- Humas Pemkot Palu)

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hidayat mengharapkan pembangunan jembatan Palu lima yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur kota itu agar selesai tepat waktu. 

"Kita tidak ingin proses pembangunan konstruksi terhambat, olehnya rekanan yang menjalankan proyek ini perlu memperhatikan jangka waktu yang sudah ditetapkan sesuai perjanjian kontrak, " ujar Hidayat saat meninjau proses pembangunan jembatan tersebut, di Palu, Sabtu. 

Jembatan yang dibangun menyeberangi Sungai Palu yang menelan anggaran sebeaar Rp59 miliar itu untuk mempermudah akses transportasi serta sebagai jalur alternatif guna mengurai kemacetan arus lalu lintas Palu Barat dan Palu Selatan. 

Rencananya, pembangunan infrastruktur jembatan tersebut diproyeksikan 180 hari atau enam bulan dengan struktur bangunan yang mengedepankan ramah gempa sebagaimana keinginan Pemkot Palu sebagai upaya menurangi risiko dampak bencana. 

"Pascagempa, tsunami dan likuefasi tingkat kepadatan kendaraan di Palu terus bergerak naik. Kondisi badan jalan saat ini tidak seimbang dengan jumlah kendaraan melintas sehingga sering terjadi macet, " kata dia menambahkan.

Wali kota memaparkan, paket proyek infrastruktur jembatan tersebut sesungguhnya sudah dilakukan perencanaan sejak 2017 hingga 2018 termasuk pembebasan lahan masyarakat disekitar area pembangunan dan tahun ini tahap pekerjaan fisik yang sedang berlangsung. 

Sedangkan jembatan Palu empat yang menjadi primadona serta identitas Ibu Kota Sulawesi Tengah yang robok akibat diguncang gempa di kawasan pantai Teluk Palu rencananya akan dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memudahkan jalur logistik.

"Kita ingin dengan adanya jembatan baru dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Palu guna mendukung kegiatan perekonomi," ucapnya. 

Secara teknis, pembangunan jembatan Palu lima sangat sederhana, namun tetap memperhatikan sisi kualitas dan nilai estetika konstruksi, karena pemanfaatan infrastruktur tersebut untuk kebutuhan jangka panjang.

Saat ini proses pekerjaan kostruksi oleh pelaksana sedang membangun tiang pancang, dimana panjang jembatan tersebut kurang lebih 100 meter dengan ketinggian sekitar enam meter dari permukaan air.
Pewarta :
Editor : Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar