Legislator: upayakan gaji honorer K2 di Kota Palu naik

id DPRD Palu,DPRD Kota Palu,Palu,Kota Palu,Sandi

Legislator: upayakan gaji honorer K2 di Kota Palu naik

Ketua Komisi A DPRD Kota Palu, Mutmainnah Korona ( kanan depan) memaparkan upaya legislator di DPRD Palu untuk memlerkuangkan kenaikan gaji honorer K2 di Palu dalam rapat dengar pendapat antar semua komisi di DPRD Palu dengan ratusan honorer yang tergabung dalam Forum Honorer K2 Palu di ruang sidang utama, Kantor DPRD Palu, Jumat petang (18/10/2019). (ANTARA/Muhammad Arsyandi)

Akan kami rapatkan di internal komisi A untuk membicarakan mengenai permintaan dan tuntutan honorer agar gaji atau honor mereka dinaikkan
Palu (ANTARA) - Legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu berjanji mengupayakan gaji honorer kategori dua ( K2)  yang telah mengabdi hingga puluhan tahun lamamya di instansi-instansi Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ketua Komisi A DPRD Palu, Mutmainnah Korona dalam rapat dengar pendapat dengan ratusan honorer K2 yang tergabung dalam Forum Honorer K2 Kota Palu di ruang sidang utama, Kantor DPRD Palu, Jumat petang, mengatakan akan berjuang agar janji itu terwujud melalui rapat pembahasan dengan instansi terkait dan melalui pembahasan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Palu.

"Akan kami rapatkan di internal komisi A untuk membicarakan mengenai permintaan dan tuntutan honorer agar gaji atau honor mereka dinaikkan," katanya.

Langkah itu ia tempuh karena keprihatinannya terhadap para honorer yang mengaku hanya mendapat honor  Rp250 ribu per bulan bahkan sama sekali tidak mendapat honor.

"Tanggal 24 Oktober pekan depan kami akan rapat internal dengan mitra kerja atau instansi terkait. Di situ akan kita bahas dan dorong agar gaji honorer yang bekerja di instansi tersebut dinaikkan," ucapnya.

Yang paling utama, menurutnya, agar upaya tersebut terwujud, para legislator harus mengawal usulan itu hingga di tingkat pembahasan banggar karena di situlah nominal gaji honorer dapat disepakati naik atau tidak.

"Tentunya kita juga akan melihat aturan-aturan atau regulasi yang ada sebelum memutuskan. Jangan kita memutuskan lantas kita menabrak regulasi. Para prinsipnya kenaikan gaji honorer K2 menjadi prioritas kami di komisi a," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Palu, Nanang menyatakan siap membantu para honorer untuk memperjuangkan nasib mereka.

"Saya rasa ini tugas kita bersama di seluruh komisi. Pada saat rapat dengan mitra di dinas-dinas di Pemkot Palu minggu depan akan kita upayakan agar gaji honorer K2 Palu mereka naikkan. Kami juga pernah merasakan apa yang bapak ibu rasakan sekarang," katanya.

Ia mengaku tidak ingin gaji para honorer yang beban pekerjaan dan durasi bekerjanya sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di instansi tempat mereka bekerja terus-terusan seperti itu.

Wakil Ketua DPRD Palu, Rizal Dg Sewang yang memimpin jalannya rapat dengar pendapat mendukung penuh tuntutan dan langkah yang akan diupayakan para legislator tersebut.

Ia juga siap mengawal dan mendorong agar gaji honorer K2 di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu naik sehingga para honorer yang sudah mengabdi hingga puluhan tahun itu dapat menikmati hasil jerih payahnya degan layak.

" DPRD Palu siap untuk mendorong kenaikan gaji honorer K2. Akan kami tindaklanjuti Rabu pekan depan nanti," katanya.


Baca juga: Mendikbud usulkan guru honorer dapat tunjangan setara UMR
Baca juga: Gubernur Sulteng Pertanyakan Pengalihan Guru Honor SMA/SMK
Baca juga: Guru honorer: Gaji kami Rp250 ribu bahkan tak digaji
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar