Alumni UI gelar bakti sosial dan pemberdayaan masyarakat di Donggala

id UI

Alumni UI gelar bakti sosial dan pemberdayaan masyarakat di Donggala

Gubernur Sulteng Longki Djanggola secara simbolis menyerahkan mesin parut kelapa kepada Kades Lende Tovea untuk dimanfaatkan mengolah kelapa. (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia menggelar aktivitas kegiatan bakti sosial dan pemberdayaan masyarakat di Desa Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Ketua ikatan alumni UI, Longki Djanggola mengatakan kegiatan itu sebagai respon kepedulian membantu warga yang terdampak bencana gempa dan tsunami tahun 2018 lalu.
 
Bakti sosial yang dilaksanakan yakni pengobatan gratis. Sementara pemberdayaan masyarakat dengan kursus pembuatan piring dari lidi kelapa dan minyak kelapa murni ke para ibu rumah tangga.

"Pangsa pasar piring dari lidi kelapa dan minyak kelapa murni sangat menjanjikan di pasaran," kata Longki yang juga Gubernur Sulteng itu.

Baca juga: Gubernur Longki: Relawan-NGO lokal Sulteng agar tingkatkan kemampuan

Longki menjelaskan Kecamatan Sirenja banyak ditanami pohon kelapa, sehingga sangat tepat dilakukan kursus untuk keterampilan itu.

"Mungkin tidak seberapa, tapi yang penting ada kegiatan bagi ibu-ibu, supaya kejadian tahun lalu pelan-pelan dilupakan dan ada sampingan buat pemasukan rumah tangga," jelas Longki.

Dalam kurun waktu lebih dari setahun, tercatat Ikatan Alumni UI Sulteng telah berpartisipasi membangun huntara, membagikan perlengkapan sekolah, pendampingan psikososial, pengobatan gratis hingga kursus pemberdayaan di wilayah Sirenja.

"Tolong terima program ini untuk kepentingan kita bersama dan semoga berjalan lancar," harap Longki.

Pada kesempatan itu, gubernur secara simbolis menyerahkan mesin parut kelapa kepada Kades Lende Tovea untuk dimanfaatkan mengolah kelapa.

Turut hadir di acara, Karo Humas dan Protokol Moh. Haris, Camat Sirenja, Kades Lende Tovea, mahasiswa kedokteran Universitas Alkhairaat dan tim medis PSC 119 Dinas Kesehatan Sulteng.