Dandim Donggala harap Satgas TMMD tuntaskan pekerjaan tepat waktu

id tmmd, kodim 1306/donggala, parigi moutong

Dandim Donggala harap Satgas TMMD tuntaskan pekerjaan tepat waktu

Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo saat memberikan keterangan terkait kegiatan TMMD kepada sejumlah jurnalis di Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (2/10/2019). (ANTARA/Moh Ridwan)

Olehnya para prajurit betul-betul memanfaatkan waktu yang tersisa. Meski mendapat pujian, kita tetap fokus melaksanakan tugas dan tanggung jawab
Palu (ANTARA) - Sebanyak 150 prajurit yang terlibat dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Kodim 1306/Donggala diharapkan menyelesaikan pekerjaan pembangunan fisik di desa sasaran tepat waktu.

Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo, di Palu, Senin mengatakan pekerjaan fisik di tiga desa sasaran yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong terus mengalami peningkatan.

"Kita ingin semua kegiatan rampung sebelum tanggal 31 Oktober 2019 sebagai hari terakhir atau penutup kegiatan kemanunggalan," ujar Widya.

Satgas TMMD ke-106 tersebar di tiga desa yang sudah ditetapkan sebagai wilayah operasi. Dimana Desa Patingke dan Ogoalas menjadi wilayah tersulit yang masih terisolir dan menjadi sasaran program tersebut.

Dia menjelaskna, TMMD bukan hanya bergerak di bidang pengembangan infrastruktur desa, melainkan para prajurit yang bertugas di lapangan ikut mencerdaskan anak-anak usia sekolah melalui program pendidikan non-formal Tinombo Belajar juga mengurangi risiko anak putus sekolah.

"Meskipun mereka hidup di wilayah terpencil bukan berarti anak-anak di sana tidak mengenyam dunia pendidikan. Anak usia sekolah wajib mendapat kesempatan mengikuti proses belajar mengajar pendidikan formal, jangan ada mereka yang putus sekolah," kata dia.

Baca juga : Satgas TMMD pacu pembangunan kantor tiga pilar di Parigi Moutong
Baca juga : Satgas TMMD bangun jalan alternatif di desa sasaran

Di sektor infrastruktur, Satgas TMMD mengerjakan sejumlah kegiatan pembangunan fisik, diantaranya peningkatan badan jalan di Desa Patingke sepanjang lima kilometer, kemudian meritis jalan baru sepanjang 800 meter di Desa Ogoalas termasuk pembangunan kantor tiga pilar serta membangun 28 unit jamban permanen yang menyasar tiga desa.

Memasuki akhir Oktober ini, dia menginginkan para prajuritnya agar terus memacu pekerjaan, bahkan saat tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) teritorial Kodam XII/Merdeka meninjau perkembangan kegiatan tersebut beberapa waktu lalu mengapresiasi kinerja Satgas TMMD dibawah kendali Kodim 1306/Donggala.

"Olehnya para prajurit betul-betul memanfaatkan waktu yang tersisa. Meski mendapat pujian, kita tetap fokus melaksanakan tugas dan tanggung jawab," katanya menambahkan.

Terlepas dari itu, TNI juga berupaya terus menjalin kedekatan dengan masyarakat di wilayah sasaran. Desa Ogoalas misalnya, para prajurit antusias membantu kegiatan warga sehari-hari meskipun tidak dilaksanakan secara rutin.

Munurut dia, sinergitas melalui silaturahim juga bertujuan melihat secara dekat progres kegiatan fisik termasuk pekerjaan pembangunan kantor tiga pilar yang menjadi salah satu kegiatan prioritas TMMD ke-106.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar